Ungkap Potensi Kaneka Ragaman Hayati Kawasan Hutan Gunung Arjuno, Tim Peneliti Temukan 147 Spesies Tumbuhan dan 43 Speies Tumbuhan Berpotensi Obat, 4 Satwa Endemik Dilindungi

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Tim peneliti flora dan fauna dari Universitas Yudharta dan ITS-NU Pasuruan berhasil melakukan identivikasi kekayaan flora dan fauna dikawasan hutan Gunung Arjuno. Penelitian yang dilakukan selama 1 minggu telah menemukan 147 spesies tumbuhan dan 43 speies tumbuhan berpotensi obat serta 4 satwa endemik.

Diinformasikan bahwa Hutan Blok Sapen atau biasa yang disebut Hutan Sapen termasuk kawasan hutan Gunung Arjuno yang menjadi salah satu kawasan hutan lindung yang di kelola oleh UPT Tahura R Soerjo, Perum Perhutani dan BKSDA Jawa Timur. Luas Area penelitian Taman Kehati Sapen Nusantara yaitu kurang lebih 4,1 hektar dan keliling area tersebut kurang lebih 1395,072 meter. Taman Kehati Sapen Nusantara memiliki rata-rata ketinggian yaitu 742,9 mdpl, dengan tempat tertinggi dengan ketinggian 780,3 mdpl, sedangkan tempat terendah dengan ketinggian 681,5 mdpl.

Endik Deni Nugroho, selaku tim peneliti Fauna menjelaskan bahwa berdasarkan hasil observasi telah teridentifikasi fauna di Taman Kehati Sapen Nusantara yang meliputi beberapa kelompok yaitu Serangga Diurnal (siang) berjumlah 208 individu yang terdiri dari 6 ordo, 10 famili dan 20 spesies, Serangga Nocturnal (malam) berjumlah 136 individu, yang terdiri dari 5 ordo, 8 famili dan 15 spesies Herpetofauna berjumlah 15 individu, yang terdiri dari 2 ordo, 6 famili dan 7 spesies.

“Untuk burung (Aves) berstatus endemik kita menemukan Ciblek Kuning (Prinia familiaris), Burung hantu Beluk Watu Jawa (Glaucidium castanopterum), Pleci dada Kuning Jawa timur (Zosterops flavus), dan Paok Pancawarna (Hydrornis guajanus) serta terdapat mamalia dilindungi yaitu Landak Jawa (Hystrix javanica), Kucing Hutan (Felis sp), Jelarang (Ratufa bicolor) mengacu redlist IUCN ”,Tambah peneliti ITS-NU tersebut.

Dari sisi potensi flora hutan sapen, Roisatul Ainiyah menjelaskan temuan terdapat 147 spesies tumbuhan dalam 53 famili dan diantaranya terdapat 43 speies tumbuhan berpotensi obat mengacu pada IUCN Red List versi 3.1. Ujar dosen Univ. Yudharta

Ditemui terpisah, Mulyono Wibisono mengapresiasi tim peneliti yang dikoordinatori oleh lembaga eksis mandiri Nusantara, selain itu dia menambahkan bahwa potensi hutan sapen ini butuh keseriusan dan kerjasma antar pihak untuk menjaganya sehingga flora dan fauna baik endemik dan non endemik bisa dijaga dan lestari. “Tutur CSR coordinator Aqua Pandaan program KEHATI di kawasan Hutan Sapen Gunung Arjuna (11/8/21)

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.