Check and Balance Republik Mahasiswa sebagai Miniatur Negara

""


PortalArjuna-Net. Pasuruan,  (30/08/21) Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Yudharta Pasuruan telah melangsungkan kegiatan Mimbar Demokrasi dengan tema “Sinergitas Menuju Penghujung Kinerja BEM dan MPM” yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Himpunan Mahasiswa dan UKM Universitas Yudharta Pasuruan, dan juga undangan Narasumber dari BEM yang dihadiri Presiden Mahasiswa dengan menteri dari BEM UYP seperti Menristek, Mendagri, dan Menlu. Selain itu, juga dihadiri oleh Ketua MPM  dengan perwakilan dari Komisi A, Komisi B, dan Komisi C.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Mahasiswa dalam memahami sistem demokrasi dalam dunia kampus, sebagai wadah Mahasiswa terhadap penyampaian aspirasi, menjadi sarana evaluasi sinergitas Republik Mahasiswa, dan sebagai sarana check and balance Republik Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan. Kegiatan yang berlangsung di Kedai Kopi Qiwo kurang lebih 3 jam ini sangat diapresiasi oleh peserta dan narasumber.

Narasumber pertama yakni oleh Presiden Mahasiswa UYP, Bahrul Ulum dengan memaparkan mengenai sinergitas dari BEM UYP dan sedikit mengulas mengenai kepemimpinan dalam suatu organisasi. Pembicaraan ini langsung diteruskan oleh menteri dari BEM UYP yang membahas kinerja dan tugas dari masing- masing menteri. Pembicaraan selanjutnya oleh MPM yang dihadiri oleh Ketua MPM dengan perwakilan dari Komisi A, Komisi B, Komisi C.

Dalam kegiatan ini terjalin dialog interaktif antara peserta dan narasumber, yang mana dari peserta sendiri terutama dari perwakilan Himpunan Mahasiswa dan UKM menyampaikan aspirasi, argumentasi dan juga pertanyaan yang dilontarkan kepada BEM dan MPM dengan maksud apa yang menjadi problem dari Hima dan UKM yang ada dapat menemukan titik solusi yang mengarahkan kinerja yang lebih baik ke depan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengesahan Pakta Integritas yang ditandatangani oleh Presiden Mahasiswa dan Ketua MPM yang mana untuk menindaklanjuti aspirasi dari hasil dialog terbuka yang dilakukan dalam kegiatan Mimbar Demokrasi ini. Selain itu, Output dari kegiatan ini akan disusun berupa Policy Brief oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik.

 

Dian Feradiah

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.