www.portalarjuna.net

BACKGROUND

Era informasi membawa perubahan besar terhadap pola pikir dan carapandang masyarakat terhadap pemanfaatan media massa. Masyarakat memandang media massa sudah bukan lagi sebatas untuk memenuhi kebutuhan informasi semata namun lebih jauh dari itu. Masyarakat modern sudah mulai berfikir tentang eksistensi, prestise dan citra diri. Era modern menuntut eksistensi bukan sekedar diakui dilingkup institusinya semata (in self-cyrcle) namun juga diketahui oleh masyarakat mujtamak sehingga eksistensinya menimbulkan pemahaman dan penilaian publik. Eksis sangat erat sekali dengan persepsi dan penilaian publik sehingga dibutuhkan suatu media untuk menunjukkan tingkat eksistensialitas (being) tersebut. Di era informasi eksistensi menjadi bagaian penting dalam membangun sebuah citra/image dimata publik.

MEDIA NAME: PORTALARJUNA.NET                      

Merupakan portal pemberitaan online yang dikelola oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan. Media Portal Arjuna bermaksud untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kualitas budaya masyarakat informasi. Portal Arjuna menjadi salah satu media yang turut menyuguhkan informasi pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat umum serta bagi pengembangan daerah khususnya di Pasuruan.

VISI dan MISI

Visi

Berkembang bersama masyarakat wujudkan kualitas pemberitaan yang objektif, aktual dan berimbang melalui penguatan citizen journalism

Misi

  1. Penguatan SDM dan Manajemen media
  2. Komitmen pada kualitas berita yang objektif, aktual dan berimbang,
  3. Mewujudkan citizen journalism melalui pelatihan-pelatihan jurnalistik di masyarakat
  4. Membangun kemitraan dengan berbagai pihak
  5. Menjadi media partner dalam pengembangan daerah

JURNALISM PRINCIPLE

Portal Arjuna sangat memberikan peluang kepada masyarakat luas, baik elemen pendidikan, pemerintah baik Kabupaten, kecamatan dan desa, industri, pesantren dll untuk bisa berkontribusi dalam pemberitaan di Portal Arjuna melalui model konsep citizen journalisme. Portal Arjuna berkomitmen untuk turut mendorong terbentuknya citizen journalisme di masyarakat. Berkembangnya citizen journalisme bisa menjadi sinyalmen positif dalam perkembangan dunia jurnalistik sekaligus sebagai sinyalmen kemajuan masyarakat di era informasi. Pada prinsipnya Portal Arjuna percaya bahwa all people can be a good reporter dan masyarakat semakin dewasa dan melek informasi. Portal Arjuna dalam pemberitaannya mengambil prinsip pemberitaan dalam bingkai positivistik, melihat segala dinamaika potret kehidupan dari ikhtisar positif. Paradigma Positifistik yang dipegang bukan berarti mengaburkan nilai-nilai objektivitas dan keberimbangan (cover both side).

PRODUCT AND SERVICE

Pemberitaan:Pemberitaan portal arjuna mencakup berbagai informasi dan fenomena sosial yang berhubungan dengan rubrik ilmiah, pendidikan (sekolah & kampus), pesantren, desa, Industri, life syle, figur, Politik, dan sebagainya
Iklan

 

:Iklan dalam media portal arjuna terdiri dari iklan Banner, advertorial, media Patner. Penyampaian pesan dalam iklan akan disesuaikan dengan yang dikendaki oleh clien pengguna jasa iklan. tentunya dengan ketentuan yang berlaku
Pelatihan:Portal arjuna berkomitmen dalam penguatan citizen journalism. Komitmen ini diwujudkan dalam pelatihan jurnalistik dan fotografi yang akan dilakukan secara kontiyu pada lembaga pendidikan dan organisasi desa seperti karang taruna, Organisasi Sekolah, Oragnisasi Pemuda. dll
Community Developmen:Community development diorientasikan untuk pendampingan pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di desa melalui berbagai kegiatan penguatan skill keorganisasian dan pengelolaan informasi melalui media.
Portal Arjuna Award:Penghargaan ini akan diselenggarakan selama 1 (satu) tahun sekali sebagai bentuk penghargaan atas terbentuknya citizen journalism di masyarakat. Portal Arjuna Award akan diberikan kepada stakeholder yang berkontribusi secara aktif dalam pengiriman naskah berita / artikel pada tim redaksi Portal Arjuna.

DEVELOPMENT COOPERATION FRAME

Portal Arjuna bersama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan membuka diri kepada semua pihak untuk bisa melakukan kerjasama dalam hal kegiatan-kegiatan pelatihan pada bidang keilmuan komunikasi seperti pelatihan jurnalistik, public speaking, fotografi, sinematografi dan kehumasan. Selain kegiatan pelatihan, Portal Arjuna bersama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi juga melakukan kegiatan pendampingan sosial dalam bentuk pengorganisasian masyarakat (community Organizer / Community Developmen) khususnya pada penguatan citizen jornalism pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) desa.