Multikultural Semboyan Universitas Yudharta Pasuruan

""

Portalarjuna.net-Pasuruan memiliki salah satu perguruan tinggi yang memegang teguh tentang multikultural. Sebut saja Universitas Yudharta  yang berada di lingkup Pondok Pesantren Ngalah Yayasan Darut Taqwa Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. The Multicultural University ini di ambil atas dasar musyawarah para pendirinya yang dilakukan pada tahun 2001 yang tidak begitu saja terjadi, tetapi melewati proses yang begitu lama.

Musyawarah yang begitu alot pun menjadi masalah pada saat itu sampai berlangsung berhari-hari untuk menemukan titik tengahnya. Salah satu tokoh yang ikut dalam musyawarah tersebut ialah Dr. Kholid Murtadlo S.T, M.E. atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Gus Kholid”.

Pada saat musyawarah itu sempat muncul 2 usulan nama yakni, The Pluralis University dan The Religious University, yang mana keduanya diambil dari visi dan misi universitas tersebut. Dan pada akhirnya pun The Multicultural University dipilih untuk jalan tengahnya. “Pluralis dan religius sudah ada dalam multikultural, dimana kata multikultural bisa mengakomodir keduanya” ujar Hafid Rosadi S.T, M.T selaku dosen dikampus tersebut.

Adapun bukti dari kampus multikulturalnya yakni pernah diadakannya dialog antar umat beragama yang diselenggarakan diaula universitas tersebut, dimana kegiatan semacam ini jarang sekali kita temui dikawasan pondok pesantren lainnya. (Dz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.