Pesantren Ngalah Tradisikan Roan

""
download

Roan

PortalArjunaJatim. “Lek awakmu sek pingin tak belon maka roano rek, lek gak roan sopo kate mbelo” Kata di atas di atas di dawuhkan oleh guru kita ROMO KH. SOLEH BAHRUDIN saat ngaji tafsir, awalnya beliau bercerita tentang berbsdah pendapat antara antara seorang anak dan orang tua yang mana sang anak menginginkan a sedangkan orang tuanta menginginkan yang B. dari situ romo yau menjadi penengah dan memberi solusi dengan berkata pada orang tuanya; “Bu… angon bebek niku wonten wingkin nopo wonten ngajeng. Lalu sang ibu menjawab, Ge wonten wingking. Kemudian romo yai berkata layo wes, kene Jadi intinya romo yai masih membela atau melindunggi kita semua sebagai santri dengan syarat ikut membantu pembangunan pembangunan (Roan) di lingkungan yayasan darut taqwa ini.

Banyak sekali yang bisa kerjakan saat roan berlangsung. Misal mengangkat pasir,batu bata,ngecor seperti yang biasa kita lakukan kalangan santri pondok ngalah saat pembangunan gedung di yayasan darut taqwa. meskipun kita roan belum bisa tanpa pamrih, dengan mengharap kiriman seprti makan,sinom,aqua dan akhir-akhir ini yaitu torpedo tapi itu bukan kaendala karna romo yai pernah dawuh, bahwasanya ikhlas itu abooodd dan beliau menambahkan “meskipun awakmu gak ikhlas tapi lek turu suwe-suwe yo ikhlas dewe ta.

KENAPA KOK ADA ROAN (KERJA BAKTI)…….??? Karna pondok pesantren ngalah /darut taqwa adalah masa-masa pembangunan jangan sampai di samakan dengan pondok pesantren yang lain seperti pondok pesantren sidogiri,lirboyo dll. kita semua adalah pelaku sejarah yang ikut serta membantu romo yai mendirikan bangunan berupa gedung-gedung yang berdiri kokoh di lingkungan yayasan darut taqwa yang berfungsi sebagai sarana untuk kenyamanan tholabul ilmi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.