Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Tetap lestari; Semangat Warga Jeruk Leduk Pasuruan Sinergikan Kearifan Lokal dan Pelestarian Alam di Kawasan Gunung Arjuno

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portal Arjuna- Pasuruan, 16 Juli 2023 – Di tengah gemerlap kehidupan modern, semangat pelestarian tradisi dan kearifan lokal tetap berkobar di Jeruk Mulyorejo, Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Terletak di kaki Gunung Arjuno yang asri, masyarakat setempat dengan penuh semangat merawat tradisi kuno Sedekah Bumi sebagai wujud cinta dan upaya pelestarian alam.

Sedekah Bumi, sebuah ritual bermakna mendalam, menjadi tonggak penting yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat desa. Di Lingkungan Jeruk Mulyorejo, Sedekah Bumi diadakan setiap dua tahun sekali, menjadi puncak dari serangkaian acara yang telah ditetapkan oleh panitia, dengan Nyadran sebagai simbol penghargaan dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa beserta alam atas kelimpahan hasil bumi yang diberikan.

Mbah Man menjelaskan, “Setelah panen berakhir, kami berkumpul di balai lingkungan ini untuk memohon berkah dan menyelenggarakan Ancak Sedekah Bumi sebagai bentuk persembahan dan penghormatan kepada alam yang telah memberi kami rizki.” Tuturnya Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bumi Letari Mulyo Rejo

Selain Sedekah Bumi, Mbah Man menekankan bahwa ekspresi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugrah alam juga tercermin dalam upaya pelestarian lingkungan. Masyarakat desa aktif melibatkan diri dalam ruwatan sumber, sebuah upacara untuk merawat dan membersihkan sumber air sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan penanaman pohon dan perawatan hutan menjadi kegiatan rutin untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

“Kami menganggap alam sebagai bagian dari kehidupan kami, dan kami berusaha untuk memberikan kontribusi positif melalui kegiatan pelestarian alam ini. Alam adalah anugerah yang perlu dijaga dan dihormati,” imbuhnya.

Semangat sinergi antara kearifan lokal dan pelestarian alam di Jeruk Mulyorejo menjadi teladan bagi masyarakat sekitar dan wilayah sekitarnya. Diharapkan, semangat ini dapat terus berkembang dan menjadi inspirasi bagi upaya pelestarian alam yang lebih luas di kawasan Gunung Arjuno dan sekitarnya. (Agl)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial