UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA INDONESIA PROFESI

""

 

UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

 

Mata Kuliah                : Bahasa Indonesia

Semester                      : II (DUA)

Dosen Pengampu        : Siti Muyasaroh, S.Sos, M.I.Kom

Sifat Soal                    : “take home”

 

GENCARKAN REBRANDING TAGLINE

Momen tahun 2015 ini menjadi salah satu penanda sejarah yang cukup penting bagi Emba Jeans. Itu setelah mereka memutuskan melakukan rebranding tagline. Dari yang sebelumnya bertajuk Get The Emotion berubah menjadi tagline Play it Cool.

Dengan tagline baru tersebut, Emba kini proaktif melakukan campaign atau membuat event-event untuk menyosialisasikan tagline tersebut. Salah satu event mereka adalah mengikuti program Car Free Day(CFD) di Kota Malang. Selain itu, mereka juga rajin melakukan campaign di media sosial [email protected] milik mereka.

“Tagline Play Cool dipilih karena menggambarkan pangsa pasar youth boy yang menjadi bidikan segmentasi besar bagi Emba Jeans. Para youth boy yang menggunakan, diharapkan memiliki jiwa yang menyenangkan, aktif, dan dinamis dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Edwin Noprian, Marketing Manager Emba Malang.

Meski berkesan orang-orang yang aktif dan dinamis, kata Edwin, diharapkan tak meninggalkan kesan cool. Diharapkan para pemakai Emba Jeans tetap tampil cool dan keren. Yang jelas, perusahaan sendiri membutuhkan waktu beberapa lama untuk melakukan analisis sebelum melahirkan tagline baru tersebut(Jawa Pos, 16 Mei 2015).

S o a l :

 

  1. Tunjukkan(tulis ulang), adakah kalimat dalam wacana di atas yang dalam penggunaan tanda bacanya tidak tepat?, kemudian betulkan menjadi kalimat yang baik dan efektif!
  2. Tunjukkan kata atau kalimat yang termasuk unsur serapan, kata ilmiah atau populer.
  3. Ubahlah wacana berbentuk berita tersebut menjadi wacana “paparan”(ekposisi). Tulislah dengan menggunakan bahasa Anda sendiri dengan standar bahasa Indonesia(bahasa baku) dan tanda baca yang tepat.
  4. Berikan judul yang sesuai dengan wacana yang Anda susun.
  5. Wacana yang telah Anda susun, selanjutnya analisa setiap paragrafnya, apakah sudah memenuhi syarat paragraf yang baik? Jelaskan dari aspek kepaduan, kesatuan dan kelangkapan paragraf.

 

Catatan:

  • Jawaban dikumpulkan pada saat pelaksanaan UAS.
  • Tidak ada ujian susulan, kecuali terdapat alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Pada waktu mengunpulkan jawaban, harus menunjukkan kartu ujian dan memenuhi tata tertib sebagaimana ketentuan pelaksanaan UAS.
  • Tugas diketik dengan spasi 1,5, kertas A4, margin atas, kiri, kanan, bawah(4-4-3-3).

 

Selamat Mengerjakan !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.