Talk Show PRAMUKA ANTI NARKOBA

""

Baik para pemirsa yang ada  di studio maupun yang ada di rumah selamat Pagi dan selamat berjumpa lagi dengan saya Muslim Al-Faqoth dalam acara SUARA RAKYAT, kali ini saya tidak sendiri, disini, di samping saya sudah hadir Bapak Dr. Khilmi Abas. S.H, M.H,. yang mana beliau merupakan Ketua Badan Narkotika Nasional, sekaligus menjabat sebagai salah satu pengurus Kwarnas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, baik bertepatan dengan tanggal 20 juni tentunya pemirsa sudah tahu bahwa hari ini merupakan peringatan hari narkotika internasional dengan demikian selama satu jam kedepan kita akan berbincang-bincang bersama mengenai narkotika.

Muslim            : Selamat Pagi Pak Abas.

Pak Abas         :Selamat Pagi juga, Mas Muslim. Senang bertemu dengan anda.

Muslim            :Baik pak, ini gimana ceritanya kok bisa dingkat menjadi kepala BNN?

Pak Abas         :Awalnya pak abas dipercaya sebagai Wakapolsek Denpasar Kota, kemudian Kapolsek Denpasar Selatan, Kapolsek Kuta Bali Dan KP3 BIA Ngurah Rai Bali, Kasat Serse Tangerang Polda Metro Jaya, Kapolsek Metro Pancoran Jakarta Selatan, Kanit VC Sat Serse Umum Dit Serse Polda Metro Jaya, Paban Muda Binkar Spers ABRI, Sesdit Bimas Polda Bengkulu, Paban Madya Binkar Spers ABRI, Kapolres Metro Jakarta Timur, Kapolwiltabes Surabaya Polda Jawa Timur, Kapus Cegah Lakhar BNN, Dir Advokasi Deputi Cegah BNN, Kapolda Jambi (2011), Kadiv Humas Polri (2012). Gubernur Akpol (2012) dan baru dipercaya menjadi Kepala BNN di tahun 2012 mengantikan komjen polisi Hariono.

Muslim            :Wau cukup panjang dan banyak sekali pengalamannya, pantasnya bapak kelihatan kapabel sekali, lalu dengan pengurus kwarnas sejak kapan bapak berpartispasi dengan gerakan pramuka tersebut?

Pak Abas         :sejak di bangku Sekolah dasar pak abas sudah berparttisipasi menjadi anggota gerkan pramuka, di sltp, sltamungkin hal ini juga yang memotivasi saya untuk melanjutkan pendidikan akademi kepolisian, jelasnya jiwa kepramukaan itu kayak-kayak tak bisa dilepas karena dalam pramuka kita dapat belajar menjadi warga Negara yang patriotism yang mencerminkan dasa dharma dan tri satya pramuka.

Muslim            :Informasi yang saya dengar, katanya akan di adakan perkemahan pramuka anti narkoba , apakah bapak turut serta dalam kegiatannya?

Pak Abas         :Ya… kegiatan ini sebenarnya muncul ketika ada musyawarah nasional gerakan pramuka, disana kami sangat perihatin terhadap pemuda sebagai penerus perjuangan bangsa dalam menlanjutkan estafet pemikiran, disisi lain banyak pemuda yang sudah terjerusmus dalam lingkaran hitam narkoba, intinya saya dan pengurus kwarnas sangat perihation terhadap degradasi pemuda indonesia, dan saya sebagai kepala BNN sangat mendukung sekali kegiatan ini karena dapat menjadi upaya preventif penyalahan obat terlarang ini yang harus diimplementasikan.

Muslim            :Bicara penyalahan obat terlarang ini pak, sebenarnya apa dan apa saja obat-obatan tersebut?

Pak Abas         :Ketika berbicara mengenai masalah penyalahgunaan obat, langsung tertuju pada Narkoba. Narkoba Adalah obat atau bahan yang berbahaya bagi tubuh, nah zat adiktif yang terkandung dalam narkoba, dapat mempengaruhi perasaan, mood dan emosi bagi yang mengkonsumsinya. Ada banyak macam yang tergolong Narkoba :diantaranya yaitu Marijuana atau Ganja, Ecstasy, Coacaine atau Kokain, LSD atau Lysergic Acid Diethylamide (obat yang menyebabkan Anda akan kehilangan, konsentrasi terhadap benda dan kenyataan). Crystal meth atau Methylamphetamine, Heroin. Sebetulnya Marijuana umumnya obat yang illegal, bahkan beberapa negara memperbolehkan untuk resep dokter, hal itu khusus untuk orang dewasa dan penyakit tertentu.

Muslim            :Lalu ketika seseorang telah mengkonsumsi narkoba, kira-kira, efek apa yang timbul?

Pak Abas         :Efek dari narkoba tergantung pada beberapa faktor yaitu dari : Jenis obat-obatan yang digunakan. Jumlah yang diambil. Bagaimana obat digunakan (diisap, ditelan, disuntik, dihirup)  Pengguna narkoba dari pengalaman masa lalu. Keadaan di mana obat itu diambil (tempat, pengguna emosi dan kegiatan, keberadaan orang lain, dan kombinasi obat-obatan.) Beberapa efek atau pengaruh Narkoba bagi tubuh kita : Stimulant – obat yang dapat mempengaruhi pada sistem saraf pusat. Ini meningkatkan aktivitas otak Anda, membuat Anda bersemangat dan energik. Contohnya amphetamines dan kokain.Depressant – obat dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, perlambatan bawah aktivitas otak Anda. Anda mungkin bisa menjadi lesu, contohnya Alkohol dan larutan keduanya depressants. Hallucinogenics – obat yang dapat membuat Halusinasi, contohnya LSD, magic mushrooms dan cannabis. Analgesics – obat penghilang rasa sakit, contohnya Asp

Muslim            :Sangat berbahaya memang, ini kalu diteruskan bisa-bisa dapat menimbulkan kematuan ya pak? Kemudian sebelum kita beranjak mungkin bapak dapat menyampaikan tip kepada kita semua agar terhindar dari narkoba.

Pak Abas         :Ya terima kasih mas Muslim atas waktu yang diberikan, kepada semua pemirsa distudio maupun dirumah, kepada pemuda Indonesia, Tips Cara Menghindari Narkoba yang saya tekan adalah Jangan pernah mencobanya, walaupun untuk iseng atau untuk alasan lain, kecuali perintah dokter/alasan medis. Yang kedua Kuatkan iman, mantapkan pribadi, pakailah rasio (pemikiran, pertimbangan) lebih banyak dari pada emosi. Jangan menghindar dari problem, tetapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli. Pilihlah pergaulan yang aman jangan yang berbahaya. Pilih kegiatan yang sehat, tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, ikutilah klub olah raga, organisasi sosial. Lakukan hobi bersama teman dan keluarga. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.  Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertindak positif, bertanggungjawab, jadilah figure/sosok yang diteladani. Berusahalah “saling mendengar”, saling mengingatkan dan saling memaafkan agar semakin mendewasakan pribadi masing-masing. Buatlah keluarga, rumah tangga, menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan sehingga membuat “betah” tinggal bersama “sahabat”. Selalu ingatkan, bahwa ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan. Ingatkan bahwa Narkoba akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya. Lebih baik mencegah putra-putri kita terkena pengaruh Narkoba daripada kita harus mengobatinya. Karena untuk proses pengobatan dan penyembuhan tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka mari kita dukung gerakan pramuka anti narkoba, dengan melibatkan putra putri kita, atau untuk pemuda jangan sampai kalian terjerumus dalam lingkaran hitam ini.

Muslim            :Terima kasih bapak abas atas tip yang diberikan, semoga kita semua dapat terhindar darti barang terlarang tersebut. Baik satu jam sudah saya menemani pemirsa, saya dan segenap crew suara rakyat mohon undur diri, kurang lebihnya mohon maaf. Selamat beraktifitas. Salam rakyat Indonesia, wasalamulaikum warahmatullohi wa baraokhatu.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.