Mendaki Arjuna Rute Tretes Pasuruan

""

PortalArjunaJatim. Jalur ini yang paling banyak diminati oleh para pen

jk

Sumber:google

daki gunung arjuno karena selain pemandangannya yang indah, di daerah ini juga dapat ditemui wisata air terjun yang sangat indah yaitu Air Terjun Kakek Bodo. Di Tretes juga banyak tersedia hotel dan penginapan. Di setiap pos-pos jalur tretes menuju puncak Arjuno-Welirang juga dapat ditemui sumber air yang melimpah untuk bekal selama pendakian.

Di jalur tretes, semua pendaki gunung arjuno dan gunung welirang harus menyelesaikan administrasi di Pos Jaga Taman Wisata Tretes. Disini semua pendaki harus melakukan perijinan dengan menyerahkan FC KTP dan membayar uang retribusi. Setelah semua sudah selesai, pendakian bisa dilanjutkan menuju Pos Pertama via Jalur Tretes yaitu Pos Pet Bocor. Di pos ini bisa ditemui sumber air bersih dan ada juga warung makanan milik penduduk setempat yang menjajakan makanan dan minuman.

Setelah itu pendakian bisa diteruskan menuju Pos Kopkopan. Disini juga terdapat sumber air bersih. Pos berikutnya adalah Pos Pondokan. Pos Pondokan ini terbagi 2 jalur, jalur pertama (ke arah kiri) menuju ke puncak gunung arjuno dan jalur kedua (jalur lurus) menuju puncak gunung welirang dengan ketinggian 3.156 mDPL. Pos ini juga terdapat mata air bersih dan merupakan mata air terakhir via Jalur Tretes. Rata-rata para pendaki mendirikan tenda dan menginap di Pos Pondokan ini untuk istirahat menghilangkan lelah setelah seharian melakukan perjalanan.

Perjalanan dari Pos Pondokan ke Puncak Gunung Welirang memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Jalur yang dilewati berbatu dan akan menjumpai h
utan cemara. Di bawah puncak Gunung Welirang ada kawah yang mengeluarkan gas belerang. Banyak penduduk lereng Arjuno-Welirang yang mengais rejeki disini yaitu berprofesi sebagai Penambang Belerang.

Bila ingin langsung melanjutkan ke puncak Gunung Arjuno, dari puncak Gunung Welirang bisa mengambil jalur ke arah selatan. Nanti akan melewati pinggiran Gunung Kembar 1, Gunung Kembar 2 dan Pasar Dieng. Perjalanan dari puncak Gunung Welirang menuju puncak Gunung Arjuno kurang lebih memakan waktu 7-8 jam perjalanan.

Jika dari Pos Pondokan ingin langsung menuju puncak Gunung Arjuno, maka bisa dilanjutkan menuju lembah kidang yang asri nan hijau. Jika beruntung, para pendaki dapat bertemu dengan kijang yang sedang mencari makan. Setelah sampai di puncak arjuno, pendaki dapat menemui tanda berupa plang yang bertuliskan “Puncak Arjuno 3.339 mdpl” dan bendera merah putih yang berkibar-kibar. Puncak arjuno terdiri dari undukan batu-batu besar yang tertata rapi dan anginnya sangatlah kencang dengan suhu 5-10 derajat. Para pendaki juga bisa mendirikan tenda di sekitar puncak.

Rute Pendakian Gunung Arjuno via Tretes

Pos Perijinan – Pos Pet Bocor – Pos Kopkopan – Pos Pondokan – Lembah Kidang – Watu Gede – Pasar Dieng – Puncak Arjuno

Rute Pendakian Gunung Welirang via Tretes

Pos Perijinan – Pos Pet Bocor – Pos Kopkopan – Pos Pondokan – Hutan Cemara – Puncak Welirang

Sumber:www.naturalsunrisetour.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.