5 buku Fenomenal karya santri Pesantren Ngalah

""

ss_30_arabic1. Judul buku: Sabilus Salikin 30 Thariqah (versi Arab)
Penyusun: Santri Pondok Pesantren Ngalah
Jumlah halaman:880
Tahun terbit: 2014

Buku ini memuat kajian-kajian tasawuf dan thariqah mu’tabarah yang tersebar di Indonesia. Buku ini adalah versi berbahasa Arab dari buku Sabilus Salikin 30 Thariqah.

Catatan Penting:
Bagi para pembaca yang belum pernah dibaiat atau ditalqin thariqah mu’tabarah (yang tercantum dalam buku ini) oleh mursyid yang telah memiliki wewenang untuk mentalqin atau membaiat murid thariqah. Dimohon dengan sangat untuk tidak mengamalkan atau menggunakan dzikir-dzikir atau wirid yang ada dalam dzikir thariqah tersebut.

khutbah_32. Judul buku: Koleksi Khutbah Jum’at ala Pesantren Ngalah edisi 3
Penyusun: Santri Pondok Pesantren Ngalah
Jumlah halaman:132
Tahun terbit: 2011

Buku yang dibuat hampir seukuran buku saku ini merupakan kumpulan khutbah yang terdapat dalam buku ini sebenarnya adalah materi-materi yang telah disampaikan oleh beberapa khatib di Masjid Jami’ Pondok Pesantren Ngalah. Mengingat kebutuhan untuk mengembangkan krea-tifitas santri dalam bidang keilmuan yang dapat menghasilkan karya tulis, yang kemudian kiranya perlu untuk dibukukan.
Sajian dalam buku ini merupakan cerminan upaya untuk menerjemahkan pemikiran dan harapan seorang pendiri pondok pesantren Ngalah terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yakni terciptanya kedamaian, kehidupan yang jauh dari kekerasan dan pertikaian.
Selanjutnya, dalam kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada para penulis yang terus berusaha menampilkan karya dan pemikirannya yang terbaik, semoga karya dan pemikiran para penulis terus berkembang dan bermanfaat di bumi Ngalah khususnya dan bagi semua lapisan masyarakat pada umumnya

sm13. Judul buku: Sabilus Muttaqin
Penyusun: Santri Pondok Pesantren Ngalah
Jumlah halaman:205
Tahun terbit: 2012

Buku Sabilul Muttaqin jilid I ini merupakan salah satu bentuk upaya penyeimbangan antara syari’at, thariqah dan hakikat. Karena pada sebelum buku ini disusun, kami juga telah menyelesaikan penyusunan dua buah buku, yaitu Kitab Fiqih Jawabul Masail jilid I (yang membahas tentang berbagai masalah fiqih) dan Sabilus Salikin (yang membahas tentang tasawuf dan thariqah). Sedangkan dalam buku Sabilul Muttaqin jilid I ini lebih banyak dibahas perihal ubudiyah, sosial dan akhlak secara umum, dan juga beberapa fadhilah terkait ritual ubudiyah dalam Islam.

campursari_14. Judul buku: Fiqih Galak Gampil  Campur Sari
Penyusun: Santri Pondok Pesantren Ngalah
Jumlah halaman:205
Tahun terbit: 2011

Buku Galak Gampil Campursari ini merupakan sebuah bentuk upaya untuk menyeimbangkan keilmuan. Karena pada edisi-edisi sebelumnya Galak Gampil memuat kajian-kajian fiqih. Dan pada edisi Campursari ini, Galak Gampil memuat berbagai nukilan dari kitab-kitab klasik (kutub turotsiyah) yang meliputi ubudiyah, sosial, akhlak, tasawuf dan thariqah, dan beberapa bidang kehidupan lainnya.
Dalam bab akhlak, tasawuf dan thariqah lebih banyak dibahas tentang masalah thariqah secara umum, dan thariqah Qadiriyah dan Naqsyabandiyah secara khusus, yang keduanya adalah thariqah yang ada di pondok pesantren Ngalah, yang dibimbing langsung oleh Romo Kyai Sholeh Bahruddin. Beliau adalah mursyid yang telah mendapat izin dari guru beliau, yakni KH. Munawir Tegal Arum Kertosono, yang silsilah thariqahnya bersambung hingga Rasulullah SAW.
Beberapa hal yang dikupas dalam bab thariqah meliputi syarat, rukun, tata cara, bacaan dzikir atau wirid yang menjadi kewajiban dalam thariqah mu’tabarah, terutama Qadiriyah dan Naqsyabandiyah. Tiap dzikir dan bacaan wirid yang ada dalam thariqah tersebut harus berada dalam bimbingan dan arahan dari mursyid thariqah yang memiliki wewenang dan silsilahnya bersambung sampai Rasulullah SAW. Oleh karena itu, bagi para pembaca yang belum pernah dibaiat atau ditalqin thariqah mu’tabarah (yang tercantum dalam buku ini) oleh mursyid yang telah memiliki wewenang untuk mentalqin atau membaiat murid thariqah. Dimohon dengan sangat untuk tidak mengamalkan atau menggunakan dzikir-dzikir atau wirid yang ada dalam dzikir thariqah tersebut.

  • ensiklopedi_fiqhPenyusun: Santri Pondok Pesantren Ngalah
  • Penerbit: Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan
  • Kota penerbit: Pasuruan Jawa Timur
  • Tahun terbit: 2013
  • Jumlah halaman: 770

buku ini diterbitkan sebagai jawaban problematika masyarakat diseluruh lini kehidupan, meliputi keagman, ubudiyah, sosial, budaya, politik, yang didalamnya mengali  tradisi-tradisi lokal, nasional, internasional dengan tendensi refrensi yang kredibel, dan multi madzhab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.