Menpora Luncurkan Senam Islam Nusantara

""

Portal Arjuna.net-Menpora Imam Nahrowi meluncurkan Senam Islam Nusantara (SIN) pada Minggu sore, 25 September 2016 di Lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Pencipta Senam Islam Nusantara, Muslih mengatakan gerakan senam ini terinspirasi dari gerakan-gerakan salat dan gerakan berwudu, karena gerakan-gerakan salat ternyata memiliki unsur-unsur olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Gerakan SIN ini meliputi 3 gerakan utama,Yakni pemanasan, inti senam yang menggabungkan gerakan wudu dan salat dan diakhiri gerakan peregangan. Semua gerakan SIN ini, tidak hanya sekadar berolah tubuh tapi juga ada maknanya.
Filosofinya, selain untuk menyehatkan jasmani dan rohani, gerakan- gerakan SIN ini juga ingin mengajak umat Islam lebih mencintai salat melalui senam ini.
Selain gerakannya merupakan kolaborasi gerakan senam dan gerakan-gerakan salat, SIN ini juga lebih khas karena diiringi musik yang dinamis perpaduan antara musik jawa dan melayu.

Peluncuran SIN ini juga dalam rangka untuk mensyiarkan program PBNU, yaitu Islam Nusantara.
Selain itu, Senam Islam Nusantara rencananya akan masuk dalam kurikulum wajib sekolah-sekolah di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama se-Indonesia.
Menurut Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Maarif HZ Arifin Junaedi, jumlah sekolah di bawah naungan LP Maarif saat ini mencapai 6.000 sekolah mulai dari tingkat TK/RA hingga beberapa perguruan tinggi milik NU.(sp)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.