Nuansa Nasionalis Religius Penuhi acara Dialog Mahasiswa Petra dan Yudharta

""
dsc_0344

foto:muslim/portalarjuna.com

Pasuruan (Portalarjuna.com) Dialog Antar umat beragama tingkat mahasiswa, berlangsung lancar, progresif dengan nuansa nasionalis religious di Aula Pancasila Universitas Yudharta Pasuruan, sabtu (29/10/2016).

Faktanya dalam kegiatan yang dihadiri Bapak Munif Perwakilan Pemda Pasuruan, Dr Saifulloh Ketua FKUB Kab Pasuruan,  Dr. Kholid M Rektor II Universitas Yudharta Bapak Bedjo Pendamping PELMA Pelayan Mahasiswa UKP Surabaya, Bapak Samuel Dosen Filsafat Agama Universitas Kristen Petra Surabaya beserta segenap dosen dan tamu Undangan ini, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh salah satu Peserta.

Dr Saifulloh selaku Rektor Yudharta dalam sambutanya mengatakan agar setiap orang senantiasi menjadi perekat, penguat keutuhan NKRI, termasuk melalui dialog seperti ini.

“Jadilah seperti air, dimana semua orang membutuhkannya dan menjadi perekat kekuatan NKRI”

Begitu Pula yang disampaikan oleh Bedjo bahwa kegiatan semacam ini merupakan kesempatan langkah, dimana nanti antar mahasiswa dapat saling bertukar informasi terkait bagaimana proses keagamaan masing-masing dan tentunya dapat menghilangkan kecurigaan, streotif negative yang banyak di publis media massa.

Dosen UKP lulusan Amerika Serikat tersebut juga mempertegas bahwa jangan sampai karena perbedaan melahirkan permusuhan, sebab kita hidup tidak dapat memilih dan itu sudah kehendak Tuhan, waktu kita lahir kita tak kuasa memilih suku apa?, ras apa?, bahkan agama apa diri kita?, oleh sebab itu marilah hidup rukun, buat perbedaan menjadi keharmonisaan. (mus)

Dialog yang diikuti kurang lebih 60 Mahasiswa baik Muslim maupun Non Muslim tersebut mengkat tema merajut keragaman untuk membangun peradaban bangsa.

Ceremonial ditutup dengan mendoakan Bangsa Indonesia dan keutuhan NKRI dari Masing-masing agama. yang kemudian dilanjut dengan Dialog antar mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok dan diakhiri dengan Tanya jawab serta pembahasan RTL Rencana Tindak Lanjut. (mus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.