Musim Buruk Petani Durian Pasrepan Keluhkan Gagal Panen

""

Portalarjuna.net (Pasrepan) Pemilik kebun dan petani durian di Desa Petung Pasrepan Pasuruan banyak yang keluhkan gagal panen. Panen durian yang harusnya akhir januari 2017 mendatang terancam gagal, hal ini dikarenakan sebagian besar bunga durian kini telah mengalami keruntuhan sebab guyuran hujan yang tak terkendali.

Saat dihubungi wartawan portal Arjuna, Nawer salah satu pemilik kebun durian menuturkan, bahwa tahun ini kemungkinan Durian sangat sedikit yang bisa dipanen, dikarenakan intensitas hujan yang tinggi beberapa bulan terakhir.

“Gak ada sekarang, duriannya hanya sedikit soalnya hujan terus” ujar nawer

Hal senada juga diakui oleh Rizal pemuda desa setempat, menurutnya hampir setiap hari desanya diguyur hujan, Ia juga menerangkan memang pada dasarnya bunga durian juga butuh air tetapi kalau berlebihan juga tidak baik untuk proses pematangan buah.

Salah satu Perangkat desa setempat M Soeb juga menuturkan bahwa musim panen durian kali ini, tak seperti tahun sebelumnya. Padahal menurutnya saat musim durian datang, perputaran uang ditengah masyarakat cukup besar. Meskipun mayoritas durian milik orang tertentu alias juragan tetapi banyak warganya yang menantikan, sebab mereka bisa mencari nafkah dengan menjadi kuli, merawat dan memanen Durian. (mus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.