Pasuruan Raih Juara Satu Ikon Terbaik dalam Festival Kebudayaan

""

portalarjuna.net-Acara festival kebudayaan pesisir utara (FKPU) yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim telah selesai dilaksanakan, acara yang bertempat di kabupaten Sidoarjo ini ditutup dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Sidoarjo. Kota Pasuruan menjadi juara 1 dalam kategori icon terbaik.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari ini menggelar beberapa tarian daerah oleh  4 kabupaten/kota yaitu Pasuruan, Bakalan, Gresik dan Surabaya. Antusias dari masyarakat Sidoarjo sendiri cukup tinggi.

Sebelum acara tampilan kebudayaan dimulai, bapak Bupati memberikan sambutan yang menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatan ketertarikan masyarakat akan kebudayaan khususnya daerah pesisir utara.

“Masyarakat Sidoarjo harus menjaga kebudayaan karena di Sidoarjo sendiri memiliki banyak kebudayaan salah satunya Nyadran (serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa) yang dilakukan setiap satu tahun sekali di desa Balongdowo” tambahnya dalam pidato pembukaan.

Selain acara tarian, banyak stand-stand yang menjual berbagai kerajinan dari setiap daerah, salah satunya kerajinan topeng dan ukiran kayu dari Kota Pasuruan. Pak Sukuat selaku penjual kerajinan mengatakan bahwa antusias masyarakat Sidoarjo akan kesenian sangat tinggi. “Mulai hari pertama sampai sekarang pengunjungnya sangat banyak mas” ujarnya saat ditemui tim portalarjuna.net.(A_R)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.