Bahtsul Masail, Budaya Yang Nyaris Hilang di Pondok Pesantren Ngalah Sudah Bangkit Kembali

""

PortalArjuna.net-Kekhawatiran santri pondok pesantren ngalah khususnya santri putra akan hilangnya budaya pesantren yaitu Bahtsul Masail, rupanya kini sudah mulai menemukan titik terang. Pasalnya, acara bahtsul masail telah sukses terselenggarakan kembali pada kamis malam 23/03 di gedung SMA Darut Taqwa.

Abidul Masykur selaku pengurus biro pendidikan Asrama A pondok pesantren ngalah menuturkan bahwa kegiatan bahtsul masail yang diselenggarakan ini adalah untuk mengembalikan budaya pesantren yang nyaris tidak ada lagi.

“Bahtsul Masail ini dhadiri oleh delegasi dari seluruh asrama putra, dan untuk membangkitkan budaya pesantren yang nyaris luntur, maka dari itu, mudah-mudahan ini adalah awal yang tiada akhirnya, dan terus menerus berjalan untuk meningkatkan kualitas para santri pondok pesantren ngalah” . Tutur Abid saat memberi sambutan dalam acara tersebut

sementara itu, hal serupa dilontarkan oleh Perumus dalam acara bahtsul masail tersebut yakni Ust. Ainul Mufid beliau juga merupakan salah satu Dosen di Universitas Yudharta Pasuruan. “acara seperti ini yang sangat kami tunggu-tunggu, kami siap mengawal dan kalau bisa ini dilaksanakan setiap bulan sekali. gak usah banyak-banyak yang perlu dibahas, cukup 2 persoalan, satu persoalan nasional dan satu lagi persoalan tingkat regional, kami sangat mengapresiasi ini.”

semoga bahtsul masail ini terus berkelanjutan guna meningkatkan kualitas santri Pondok Pesantren Ngalah.(yat)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.