Dukung Moral Warga Kendeng Jawa Tengah,Mahasiswa Se-Pasuruan turun Jalan

""

Portalarjuna.net-Penolakan berdirinya PT. Semen Indonesia yang berada di Kendeng Jawa Tengah mendapat respon dari sejumlah mahasiswa Pasuruan yang tergabung dalam aliansi mahasiswa mulai dari Badan Esksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Yudharta Pasuruan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Ngalah Pasuruan, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Komisariat Yudharta, UKM. Pagar Nusa Yudharta, UKM Saunggalih Yudharta dan seluruh Aliansi Mahasiswa Se-Pasuruan. Aksi turun jalan ini Bertujuan Untuk Menolak Pendirian Pabrik Semen Indonesia di Kendeng Jawa Tegah dan Penggalangan dana, dilakukan sejak sore tadi di pertigaan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Rabu (22/3).

Koordinator Lapangan Bahrur Roji, selaku perwakilan BEM Universitas Yudharta Pasuruan mengatakan bahwa aksi ini merupakan bukti keprihatinan warga Pasuruan terhadap apa yang sedang dialami oleh masyarakat kendeng yang dikenal dengan sedulur sikep. “Aksi ini bertujuan untuk memberikan dukungan moril dan material kepada saudara-saudara kita yang berada di Kendeng Jawa Tengah yang sedang memperjuangkan hak-haknya untuk menolak berdirinya pabrik semen,” ungkapnya.

Selanjutnya, pengguna jalan Surabaya Malang Supriyanto mengatakan bahwa ia baru tau bahwa tambang semen di Kendeng Jawa Tengah ini sangat parah. “Lihat beberapa gambar yang dibawa anak-anak mahasiswa dan mendengar suara lantang mahasiswa, ternyata separah itu kondisi warga Kendeng Jawa Tengah itu,” Ungkapnya.

Dalam aksi ini juga dilakukan prosesi pembacaan tahlil dan doa di tengah-tengah tugu jalan yang ditujukan kepada Mbok Patmi yang meninggal dunia saat dalam perjuangnya menolak Pabrik semen. Melalui aksi ini diharapkan mampu mendorong semangat masyarakat Kendeng untuk melawan ketimpangan – ketimpangan yang diberikan oleh pemerintah Jawa Tengah.

“Perlu di ketahui bahwa kita warga Pasuruan bersama mahasiswa menyatakan siap mengawal Kendeng bahwa Kendeng tidak sendirian” ()

 

Dialihkan dari akun resmi PMII NGALAH

Leave a Reply