Kue Podeng “si manis gurih” yang mulai terlupakan

""

Portalarjuna.net-Pasuruan (6/3) – Kue merupakan camilan yang banyak disukai oleh masyarakat baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Saat ini, banyak varian kue yang hadir di tengah masyarakat untuk memanjakan para penikmat kue. Beragam rasapun dihadirkan, dari coklat, strawberi dan keju. Banyak toko-toko kue yang berlomba menciptakan varian rasa baru untuk menarik perhatian dari masyarakat.

Banyaknya varian kue saat ini membuat masyarakat mulai melupakan kue-kue tradisional. Kue tradisional yang dulunya sangat tersohor dan banyak dinikmati oleh masyarakat dari semua kalangan kini tidak ada lagi di pasaran.

Salah satunya adalah kue podeng. Kue podeng merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu, gula, santan serta roti tawar. Kue yang memiliki rasa manis gurih dan bertekstur lembut ini mulai tergerus oleh zaman.

Ibu Masfufah (46), salah satu ibu rumah tangga yang masih membuat kue tersebut mengatakan bahwa dulunya kue ini sangat disukai oleh masyarakat. Pembuatan yang simple dan bahan dasar yang mudah didapatkan menjadi nilai plus dari kue ini.

“Dulu banyak sekali toko-toko yang menjajahkan kue podeng, dan banyak pula pembelinya. Tapi sekarang sedikit sekali toko yang menjual kue podeng, bahkan sepertinya tidak ada lagi. Malah mungkin banyak masyarakat yang sudah tidak tau apa itu kue podeng” tutur ibu Masfufah saat ditemui Tim Portal Arjuna. (zl)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.