Masyarakat Penanggungan Segel Lokasi Tambang Gempol

""

Portalarjuna.net– Gempol. Jumat, 24/03/17 Sekumpulan masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Penanggungan melakukan aksi penyegelan lokasi penambangan batu di Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Aktivitas penambangan yang sudah lama meresahkan warga yang tinggal di sekitar lokasi tersebut diketahui berada di bawah naungan PT. Berkat Granite. Munculnya seorang korban jiwa akibat terkena pecahan batu yang terlempar saat kegiatan peledakan batu di lokasi tambang galian semakin memicu amarah warga hingga melakukan aksi tersebut.

Kejadian naas itu terjadi pada hari Kamis (23/03/17) pukul 13.00 WIB di dekat lokasi tambang yang diceritakan oleh Jauharul Lutfi selaku Koordinator aksi dalam akun Facebook nya pada Jumat (24/03/17). Korban bernama Ja’i (50) yang sedang membersihkan diri di sungai setelah bekerja di sawah tiba-tiba terkena pecahan batu yang terlempar sekitar 300 meter dari lokasi tambang yang tepat di bahu jalan.

Lutfi juga mengundang seluruh pihak pemangku kebijakan untuk menutup lokasi tambang yang membahayakan warga tersebut melalui akun facebook nya. Ia menuliskan “Kami mengundang kepedulian semua pihak terutama pemangku kebijakan untuk menutup operasi penambangan yg jelas-jelas membahayakan warga.” (dh)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.