Rutinitas Para Nelayan Kupang Desa Balongdowo

""

portalarjuna.net-Sidoarjo adalah kota yang terkenal budi daya ikannya, hal itu dapat dilihat dari logo kabupaten tersebut yang berupa ikan patin dan udang. Selain dua hasil budi daya tersebut, Sidoarjo juga terkenal dengan hasil laut berupa kupang.

Kupang sendiri adalah sebutan untuk kerang-kerang kecil yang dapat dicari disekitar pesisir laut, salah satu desa pencari kupang adalah Balongdowo, Kecamatan Candi. Mayoritas penduduk desa tersebut merupakan nelayan kupang.

Kegiatan mencari kupang dimulai dari jam 15.00 petang, para nelayan berangkat untuk mencari kupang dengan menggunakan jaring ikan atau dapat juga dengan menggunakan alat pengeruk tradisional. Biasanya para nelayan akan kembali ke desa sekitar pukul 09.00 siang. Kemudian hasil tangkapan tersebut akan dibawa ke sekitar sungai atau masyarakat disana lebih mengenal dengan sebutan Bok. Setelah itu kupang akan dibersihkan dari kotoran dan lumpur yang ikut terbawa. Setelah selesai membersihkan biasanya para nelayan tidak lansung mengolah tetapi beristirahat sejenak untuk menghilangkan letih, kegiatan mengelolah sendiri dilakukan pada malam hari tepatnya sekitar jam 22.00 malam.

Kupang yang sudah bersih akan dibawa ke sebuah gubuk kecil dimana kupang direbus untuk memisahkan antara kulit dan isinya. Hal ini membutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu jam. Setelah selesai melakukan kegiatan tersebut kupang akan ditiriskan agar sisa-sisa airnya keluar, kupang yang sudah selesai direbus memiliki rasa sedikit asin. Kemudian setelah selesai ditiriskan barulah kupang dijual ke pembeli. Biasanya pembeli akan datang lansung ketempat nelayan kupang tersebut, harga yang ditawarkan cukup murah yaitu 3000 rupiah untuk setiap mangkuk kecil kupang.

Bagaimana? apakah anda berminat membeli kupang yang baru matang? atau ingin membuka usaha makanan yang menggunakan kupang?. Anda dapat membelinya lansung ke Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. (A_R)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.