Aksi Toleransi Oleh PMII untuk Jawa Timur Gawat Bencana

""

portalarjuna.net-Purwosari. Rabu, (05/04/17) Belasan mahasiswa/Lembaga PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dari Purwosari mengadakan aksi solidaritas dengan  “Jawa Timur Gawat Bencana’’ di pertigaan Purwosari.

Aksi solidaritas ini dilakukan mulai pukul 14:00 sampai 16:00 WIB, kegiatan tersebut meliputi pembagian selembaran, orasi dari beberapa mahasiswa dan tanda tangan sebagai kepedulian warga atas kegiatan ini. Aksi ini bertujuan mengingatkan masyarakat dan pengguna jalan raya di daerah tersebut untuk menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.

Karenanya penyebab kerusakan alam salah satunya yang paling berperan adalah manusia itu sendiri. Seperti halnya bencana longsor yang sedang dialami di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo pada hari Sabtu (01/04/2017) kemarin. Menurut Herry Purnomo selaku ketua tim dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), seharusnya bukit tidak boleh dirubah menjadi lading atau sawah. Perubahan fungsi tanah tersebut membuat kondisi tanah tidak stabil. Jadi, jika bukit lading, tegalan apalagi sawah, maka potensi longsornya akan sangat besar.
Tidak hanya itu saja bahkan hampir seluruh Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang rawan akan bencana. Dari peta bencana di Jatim ancaman itu meliputi tsunami, gempa, gunung berapi, banjir dan longsor.

Termasuk di Kabupaten Pasuruan sendiri menjadi langganan atas tragedi-tragedi bencana yang sudah di alami yang mana ada 22 kecamatan yang terindikasi rawan bencana banjir, longsor, puting beliung hingga banjir bandang. Seperti kecamatan Beji, Bangil, Kraton, Grati, Nguling, Winongan, Rembang, Pohjetrek, Lekok masuk daerah rawan banjir. Kecamatan Rejoso dan Gondang Wetan masuk daerah rawan banjir bandang dan selain itu juga di tetapkan 9 kecamatan rawan tanah longsor diantaranya Gempol, Prigen, Purwosari, Purwodadi, Tutur, Paserpan, Lumbang, Puspo dan Tosari” ujar Rozi salah satu mahasiswa”.(al)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.