Pilih Pekerjaan Sesuai Keinginan, Penjelasan Konsep Cash Flow Quadrant oleh Enterpeneur Lecturer

""

PortalArjuna.net- dalam memilih pekerjaan tentu banyak orang lebih menyukai hal yang mudah dan menguntungkan,seperti berdiam diri tapi menghasilkan uang. Bahkan banyak orang tua jaman dahulu mengharuskan anaknya bekerja di kantor karena pekerjaannya ringan dan menghasilkan uang yang lumayan.seperti salah satu dosen Universitas Yudharta Pasuruan ketika melakukan kegiatan mengajar pada hari selasa 04/04 tadi.

Beliau yang bernama M.Sulhan, S.Ikom.,M.AB. dosen yang mengajar mengenai enterpreneur di UYP tersebut menjelaskan bahwa jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu jika jaman sekarang banyak anak muda lebih memilih wirausaha karena lebih menantang dan lebih bebas maka jaman dahulu seseorang lebih memilih kerja di kantor yang lebih ringan dalam pekerjaan dan berpenampilan gagah dengan menggunakan dasi dan kemeja.

Selain menjelaskan hal tersebut beliau juga menjelaskan bahwa pada saat ini masyarakat dimudahkan dalam hal wirausaha mulai dari pengurangan KUR menjadi 0,7 persen dan meniadakan DPNS dengan mengeluarkan kebijakan Monotorium DPNS yaitu meniadakan PNS dikarenakan kurang produktif dalam bekerja bahkan di daerah Ibukota apabila ada PNS yang keluar ke warung waktu jam kerja maka akan mendapat sangsi yaitu dipecat lansung.

Kemudian beliau juga menjelaskan mengenai konsep Cash Flow Quandrant menurut Robert T Kiyosaki ada 4 macam dalam menentukan dalam mencari pekerjaan yaitu. Kuandran E,S,B,I.

Kuandran E adalah penjelasan mengenai Employee atau kelas pegawai dimana seseorang bekerja untuk orang lain dan mendapat bayaran tertentu dan pekerjaan tertentu sesuai keinginan pemilik pekerjaan atau dalam hal ini sering kita sebut buruh.kemudian ada Kuandran S adalah penjelasan mengenai Self Employee atau pemilik dimana seseorang bekerja untuk dirinya tampa terikat oleh siapapun dan anda menentukan sendiri bagaimana sistem dalam pekerjaan dalam hal ini anda menjadi pemilik sekaligus pekerja di tempat anda.kemudian adalah Kuandran B yaitu seseorang yang disebut Business owner atau pemilik perusahaan dimana anda yang mengatur pegawai dan aturan dalam perusahaan anda. Dan yang terakhir adalah Kuandran I yaitu Investor dimana anda adalah penanam saham dan tidak perlu bekerja untuk mendapatkan uang atau dalam hal ini Uang yang bekerja bukan anda

Selain bapak Sulhan juga menjelaskan bahwa dalam Kuadran E dan S adalah seseorang bekerja untuk uang sedangkan dalam kuandran B dan I uang yang bekerja. ”apabila kita mendapat warisan dari orang tua kita entah karena tanah kita dibeli untuk proyek tol atau yang lain kita bisa menginvestasi kepada perusahaan dan menyetujui dalam sebulan kita mendapat bayaran beberapa juta sehingga kita bisa lansung ke kuandran I semua itu pilihan kalian”ujarnya ketika proses mengajar

atau kita bisa melalui Kuandran E hingga I dengan cara bekerja keras” imbunya.tentu kita dapat memilih jalan kita sendiri mulai dari kelas karyawan atau lansung menjadi bos, semua tergantung pilihan kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.