Proses Pembelajaran Versi Sabrang Mowo Damar Panuluh

""

PortalArjuna.net- Selasa (09/05) “ …kalo belajar, kalo kamu sekolah ojok gegeh mongso ada waktunya belajar.belajar,lambat gak papa, jangan kesusuh sampai tujuan”. Itu merupakan kutipan pesan yang disampaikan oleh Sabrang Mowo Damar Panuluh vokalis dari grup band Noe Letto.

Beliau merupakan pengisi acara dalam rangka Diesnatalies Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) kemarin malam yang diadakan di lapangan utama UYP, acara ini turut mengundang bupati Pasuruan Gus Irsyad, SE.,MMA serta grup sholawat Padang Howo. Sebelum penampilan utama dimulai panitia telah menyiapkan acara lain seperti pada siang hari di adakan kirap barongsai kemudian dilanjutkan dengan tampilan dari berbagai UKM di Universitas Yudharta seperti UKM seni El-Izzah, UKM pencak silat Pagar Nusa dan UKM Resimen Mahasiswa (MENWA)  serta beberapa ukm lainnya. Kemudian pemilihan juara dari Audisi Duta Kampus Multikultural (ADKM).

 

Setelah acara tersebut dilanjutkan dengan sambutan – sambutan seperti sambutan Rektor Yudharta Dr. Saifullah, M.HI. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Pasuruan serta diadakan potong tumpeng oleh pengasuh ponpes Ngalah. Kemudian dimulai lah acara utama yaitu perfom dari grup Padang Howo dengan Sabrang.

Selain diisi dengan menyayikan lagu – lagu dari Noe Letto, Sabrang juga membuat sesi diskusi ilmu. Dalam kegiatan ini Sabrang menanyakan apakah penonton mengetahui berapa angka banyak angka Sembilan dari skala 1 sampai 99, agar lebih menarik beliau memberikan hadiah siapa saja yang mau menjawab akan mendapatkan hadiah yaitu foto Bersama.

Beberapa penonton mencoba menjawab pertanyaan tersebut seperti salah seorang santri bernama Iil menjawab 11 “ 9, 19. 29 .39. 49. 59. 69. 79. 89. 99” jawabnya. Kemudian ada juga dari perwakilan mahasiswa yaitu cici ada 18 “ 9. 19. 29. 39. 49. 59. 69. 79. 89. 90. 91. 92. 93. 94. 95. 96. 97. 98. 99”. Kemudian sabrang menjelaskan bahwa jawaban yang benar ada 20 dan kemudian mencoba menjelaskan “dari itu tadi pelajarannya sederhana, dimana pun kamu berada terhadap sesuatu yang kamu anggap mudah sekalipun, terhadap apapun yang terjadi dalam hidup jangan pernah menyepelekan sesuatu, dalam hidup tidak ada kegagalan yang ada kesempatan untuk belajar. Tapi kalo anda meremehkan nanti kehilangan ilmu yang penting” jelas beliau dalam dalam diskusi ilmu tersebut.

Kemudian beliau memberikan ilmu kedua dengan acara memberikan pertanyaan “ apa kalian bisa itung-itungan gak? ” ujar beliau kemudian memperlihatkan beberapa kertas yang ditulis beberapa angka. Kemudian beliau memperlihatkan kepada penonton pertama – tama secara pelan kemudian sedikit cepat dan cepat. Setelah itu penonton diminta menjawab berapa hasil jumlah angka yang diperlihatkan tadi. Beberapa penonton menjawab 5000 kemudian ketika dihitung kembali ternyata jawabannya salah, setelah itu Sabrang menjelaskan “Karena kamu tergesah – gesah kalo belajar, kalo kamu sekolah ojok kesusuh gegeh mongso ada waktunya belajar.belajar,lambat gak papa, jangan kesusuh sampai tujuan yang nikmat adalah perjalanan, sabar untuk menjalani proses, Karena anda belajar bukan mengumpulkan pengetahuan, belajar itu menumbuhkan kapasitas diri. Kunci sukses bukanlah pandai,kunci sukses adalah kapasitas mentalmu yang besar, gak gampang marah, gak gampang setres, gak gampang putus asa kalo ditinggal pacarnya tidak bunuh diri dan seterusnya, kapasitas mentalnya besar.kapasitas otaknya besar pinter pengetahuannya banyak juga bijaksana, hanya pinter gak cukup harus ditambahi bijaksana. Yang ketiga adalah kapasitas badan, kesehatan.kamu harus sehat, sering olahraga, menjaga makananmu. Kunci sukses adalah itu” penjelasan beliau mengenai pembelajaran kedua tersebut. Kemudian acara terakhir adalah persembahan lagu sebagai penutupan acara. (AR/Al)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.