Anggota PMR MA Darut Taqwa, Ciptakan Eksperimen Alat Penjernih Air Sederhana

""

Portalarjuna.net– Siti Khasanah, salah satu anggota organisasi PMR MA Darut taqwa berhasil menciptakan eksperimen baru terkait dengan alat penjernih air sederhana dalam rangka persiapan berpartisipasi dalam lomba sanitasi yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dalam event Jumbara. Event ini diadakan dalam dua tahun sekali, yang akan dihelat tepat pada tanggal 3 september 2017 di Purwodadi, Pasuruan. Terdapat beberapa kategori yang dilombakan dalam event tersebut, antara lain kategori Traveling, Donor Darah Sukarela (DORAS), dan Awas Siaga Bencana (ASB). Semua kategori yang dilombakkan tersebut akan dilakukan pada satu waktu yang bersamaan.

Alat yang dikembangkan oleh anggota PMR ini tidak memerlukan bahan yang rumit karena hanya membutuhkan bahan yang familiar seperti spons, kapas, karang, batu kerikil, kasa, dan pasir. Karena latar belakangnya sebagai salah satu santri Pondok pesantre ngalah, Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangkan karena mudahnya mencari bahan tersebut di lingkungan pesantren “ sengaja milih bahan yang sederhana dan mudah didapat di pondok” jelas Khasanah.

Beberapa persiapan sudah dilakukan oleh khasanah terkait lomba yag akan ia ikuti, seperti berkumpul dan sharing bersama teman sesama kompetisi, sampai dengan latihan untuk presentasi mengenai alat yang telah ia buat “ biasanya ngumpul sama temen PMR dan latihan presentasi”  Ujar khasanah. Remaja ini berharap temuannya dapat dikembangkan dan dapat menciptakan alat penjernih air untuk dikonsumsi read:minum  “ semoga dapat dikembangkan lagi, soalnya ini dari air sawah dijadikan air yang cocok untuk bisa untuk mandi, kalau dikonsumsi masih belum”. Harapnya.(nicky)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.