Budidaya “Bentol” Semakin Diminati

""

Portalarjuna.net– Budidaya tanaman ubi talas kini semakin diminati para petani terutama di kota Malang. Langkah ini ditempuh para petani karena ubi talas atau yang lazim disebut warga setempat bentol memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. selasa (22/8)

Saat ini harga ubi talas mencapai 20.000-100.000 per kilogram ditingkat petani. harga yang cukup mahal karena biaya produksi hanya sedikit. selain itu ubi talas dalam usia 8 bulan sudah siap panen dengan rata-rata tingkat produksi 5 kg perbatang.

Menurut Bapak Sam (50) “Cara penanaman ubi talas sangat gampang. Tahap awal dibuat bedangan di lahan pertanian. Di atas bedangan itu, bibit ditanam tanpa menggunakan kompos, pupuk ataupun pestisida. Seusai ditanam ubi talas tidak perlu diurus lagi, paling hanya membersihkan tanaman dari rumput. Setelah itu tinggal menunggu panennya saja kurang lebih 8 bulan.”

Penanaman ubi talaspun juga memerlukan modal yang sangat sedikit hanya 1.000 untuk membeli bibit perkilogramnya saja. Ubi talas dalam pemasarannya pun juga gampang dan banyak diminati oleh pembeli. (Ip)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.