Cara Unik Mahasiswa KKN Kelompok IX Jatirejo Lekok Ketika Mengisi Waktu Luang

""

Portalarjuna.net-  Seorang mahasiswa kelompok IX KKN UYP tengah ikut melaut bersama nelayan setempat. Terlihat mahasiswa tersebut sangat antusias dalam aktifitas sehari-hari nelayan.

Nelayan tersebut  ialah Pak Uyun (40) warga Dusun Payangan Desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Pak Uyun  merupakan seorang nelayan sekaligus pemilik kapal. Pekerjaan ini sudah digelutinya sejak lulus dari pondok pesantren. Selain nelayan beliau juga sorang guru ngaji sekaligus pengurus mushollah.

Pria paruh baya ini menganggap profesi nelayannya sebagai suatu hobi, karena beliau juga focus sebagai guru mengaji dikala sore hingga malam hari. Beliau ketika melaut sering mendapatkan berbagai jenis ikan seperti  ikan layur, ikan bulu ayam, ikan tongkol, dsb.

Ketika melaut jenis kapal yang digunakan adalah jenis kapal short atau kapal pendek dengan jarak melaut kira-kira 100 mil jauhnya dengan kedalaman laut 3 hingga 17 meter dan menggunakan mesin kapal 7 PK. Sedangkan banyak nelayan di Jatirejo yang memakai jenis kapal panjang atau kapal payang jurung dengan jarak melaut kira-kira 100 hingga 300 mil jauhnya dengan kedalaman laut 20 hingga 100 meter dan menggunakan mesin kapal 17 hingga 24 PK.

“Saya ikut melaut ketika subuh hingga siang ke tengah laut untuk mengetahui bagaimana cara melaut, bagaimana susahnya melaut, hingga meneliti potensi-potensi keragaman hayati biota laut”. Ujar Hosali selaku Kordinator Desa Jatirejo Kelompok IX.

Selain mendapatkan ilmu ketika melaut, mahasiswa KKN UYP tersebut mendapatkan hasil tangkapan untuk dikonsumsi setiap hari dan dijadikan oleh-oleh untuk tamu atau teman-teman yang berkunjung.(Sil)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.