Kelompok IX KKN/PPM UYP Melakukan Observasi Potensi Kekayaan Laut di IPP, Pasir Sepanjang, dan Pantai Semedu Sari

""

Portalarjuna.net- Mahasiswa KKN/PPM Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) melakukan observasi potensi kekayaan laut di IPP, Pasir Sepanjang, dan Pantai Semedu Sari pada Senin, (14/08/2017) lalu. Ini merupakan program kelompok IX sehingga seluruh mahasiswa diwajibkan ikut berpartisipasi. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.30 hingga pukul 14.00.

Mahasiswa melakukan tiga kali pengamatan di lokasi berbeda, yaitu IPP, Pasir Sepanjang, dan Pantai Semedu Sari. Pengamatan ini bertujuan untuk membandingkan keanekaragaman biota laut, potensi wisata, serta potensi kekayaan maritim yang terdapat di tiga lokasi. Fokus utama pengamatan ini terletak pada sisi kemaritiman karena sesuai dengan tema KKN/PPM 2017, yakni Kemaritiman.

Pengamatan di IPP sedikit berbeda, karena mahasiswa tidak mengamati ikan hidup, melainkan ikan mati di Tempat Penampungan Ikan (TPI). Data yang diambil di TPI adalah populasi ikan yang dijual beserta foto kondisi ikan. Jumlah ikan yang paling melimpah di TPI adalah ikan layur, ikan tongkol, ikan bulu ayam, dan ikan terasi. Keempat jenis ikan ini memang sedang musim di bulan Juli-Agustus dan menempati posisi ikan dengan peminat paling banyak.

Observasi potensi laut serta kemaritiman di tiga lokasi tidak hanya sebagai salah satu agenda kelompok IX, tapi juga sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui keanekaragaman hewan yang ada di di laut, potensi kekayaan laut, dan potensi wisata. Konsep belajar sambil bersantai ini sangat membantu mahasiswa untuk benar-benar memahami apa yang telah dipelajari. Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan di pertengahan bulan. Selain itu, lewat observasi ini, tingkat kesadaran mahasiswa untuk melindungi satwa-satwa yang terancam punah makin meningkat serta berusaha untuk menjaga kedaulatan kemaritiman. (Sil)

Leave a Reply