Libur Sekolah, Semangat Koleksi Asbak Tanah Liat

""

Portalarjuna.net-“Waktu Luang sangat berharga jika kita sia-siakan, lebih bermanfaat jika membuat kreasi yang menguntungkan. Yang dapat menyalurkan ide-ide unik dalam kreatifitas tangan” Kata Agung, seorang pelajar siswa SMP (05/08/2017).

Agung dan Nanda merupakan seorang pelajar yang masih duduk dibangku SMP (Sekolah Menengah Atas). Membuat kreasi asbak yang terbuat dari tanah liat. Yang bisa dimanfaatkan dan dikoleksi untuk pajangan dirumah. Kreasi tangan yang dibuat oleh Nanda (13th) dan Agung (14th) banyak mendapat pujian dan diminati sesama pelajar yang ada disekitar rumahnya. Agung dan Nanda mendapatkan ide membuat asbak karena banyak tanah yang bertumpukan dikebun dekat rumah mereka yang bisa dimanfaatkan. Yang kemudian mereka cetak menjadi asbak.Kedua pelajar ini berasal dari Desa Pager, Dusun Baos Kidul, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

“Berbagai macam bentuk asbak yang saya buat. Ada yang berbentuk segitiga, kotak, lingkaran, dll. Setelah saya cetak, tanah dijemur hingga kering. Jika sudah kering, dipoles dengan semen putih yang sudah dicampur lem rajawali (diplamir). Jika sudah diplamir tinggal mengecat sesuai keinginan dan  tahap terakhir, saya biasanya melukis pada asbak agar tampak terlihat unik dan berwarna.” Imbuh Nanda, teman Agung pengrajin asbak tanah liat.

“Saya bangga dan senang jika ada anak pelajar Indonesia yang selalu memanfaatkan waktu luang. Tidak hanya sekedar main-main, tetapi kita manfaatkan dengan meluangkan ide-ide yang berguna dan bermanfaat bagi kita dan orang lain. Banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan dan dijadikan barang yang unik disekitar kita. Maka dari itu, mari kita semangat menjadi pelajar yang berkreatifitas tinggi”. Lanjut Agung. Mereka berdua berharap semua pelajar Indonesia bisa memanfaatkan Sumber Daya yang ada di Alam dan mengasah serta meluangkan bakat kita pada bahan-bahan yang ada. (Ninis)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.