Mahasiswa KKN-UYP Selenggarakan Pelatihan Brownis Singkong di Desa Kebonrejo

""

Portalarjuna.net – Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan brownies singkong di Desa Kebonrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN 13 UYP 2017. Pelatihan Pembuatan Brownies Singkong Kukus ini ditujukkan untuk Ibu-ibu rumah tangga di dusun Kebonrejo. Pelatihan ini dicetuskan dikarenakan di daerah Kebonrejo banyak terdapat sumber daya alam yang berupa singkong yang dalam pemasarannya masih dalam bentuk singkong mentah (belum diolah) sehingga harga jualnya masih sangat murah.

Brownis Singkong

Pelatihan Pembuatan Brownies Singkong Kukus ini sudah dilakukan sebanyak dua kali pelatihan. Yang pertama pada hari Kamis 17 Agustus 2017 pukul 10.00 WIB bertempat di Dusun Kloto’an, yang dihadiri oleh ibu-ibu sebanyak 10 orang. yang kedua dilakukan pada Sabtu 19 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB bertempat di Dusun Kebonjero dengan jumlah 20 orang .

Kegiatan pelatihan ini sudah dihadiri sekitar 30 orang ibu-ibu selama dua kali pelatihan tersebut, kegiatan berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias dan mendukung kegiatan pelatihan ini. Proses pembuatan brownies dipandu dengan melakukan praktek secara langsung untuk ibu-ibu dengan menggunakan bahan bahan yang sudah disiapkan oleh Mahasiswa KKN.
“Rasanya enak mbak, kalau tau seperti ini saya akan coba buat sendiri besok mbak dirumah” ujar nining salah satu peserta pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan ini tidak dilaksanakan di dua dusun saja, rencananya pelatihan ini akan di adakan pada semua Dusun di Desa Kebonrejo. Pelatihan ini menambah kemampuan, juga nantinya dapat dijadikan usaha oleh masyarakat desa kebonrejo. Potensi berupa buah singkong yang melimpah bisa diolah oleh masyarakat setelah mengikuti pelatihan ini.(ria)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.