Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 29 Maret 2024

Limbah Biota Laut Jadi Pernak-Pernik Khas Jatirejo

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net–  Hasil kerajinan dari bahan kerang sangat memberikan manfaat, terutama dari segi pendapatan masyarakat. Salah satunya terletak di dusun Payangan, desa Jatirejo, Kabupaten Pasuruan.

Hasil kerajinan kerang itu mampu menghasilkan lampion, vas hias, kalung, liontin, asbak, bros, dan beberapa perabot lain.

Kerajinan yang dibanderol dengan harga cukup murah mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu tersebut menjadi hasil kerajinan khas warga desa Jatirejo.

Beberapa prestasi pun pernah diraih oleh kelompok tersebut di antaranya peraih juara tiga dalam lomba UMKM Kreatif se Pasuruan dan juara harapan dua dalam Lomba Kreatifitas di Malang. Pameran kerajinan tersebut pun pernah merambah pameran di kota-kota besar.

Salah seorang perajin, Abdullah Aspaka (40), mengungkapkan bahwa keberadaan kerajinan kerang di desa Jatirejo, sudah ada sejak awal 2006. Ia bersama sejumlah warga Payangan memproduksi kerajinan kerang.

“Pas sekali bagi saya, untuk kegiatan di sela kesenggangan sehari-hari, dengan membuat kerajinan saya mampu memahami ketelitian motif dan juga sekaligus untuk mengenalkan produk khas dari dsa Jatirjo, sehingga mampu dikenal di masyarakat luas,” kata Abdullah Aspaka

Para perajin juga berharap adanya keinginan untuk memiliki tempat khusus produksi dan tempat pamer produk-produknya.

“Ya harapan kami ke depan ada tempat khusus yang dijadikan memproduksi sekaligus digunakan pamer produk hasil kerajinan. Sehingga para perajin disini lebih mudah dalam memasarkan serta berinovasi,” Ujarnya.(Sil)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial