Mahasiswa UYP Ajari Ibu Rumah Tangga Olah Susu Segar Menjadi Es Krim

""

Portalarjuna.net -Siang itu sejumlah ibu rumah tangga di Desa Branang Kec.Lekok Kab.Pasuruan Nampak sibuk mengaduk-aduk susu segar. Susu tersebut akan diolah untuk menjadi es krim susu dengan berbagai aneka rasa, sambil sesekali bercanda mereka mendengarkan arahan dari narasumber. Ibu-ibu tersebut mengikuti pelatihan pengolahan susu yang di adakan oleh Kelompok KKN 12 Universitas Yudharta Pasuruan (23/08/2017).

“pemilihan pengolahan susu segar ini di latar belakangi oleh hasil susu segar di Kec.Lekok meliputi desa branang yang mencapai sekitar 900-1000 Liter per hari. “ ungkap Hasyim, selaku koordinator devisi ekonomi produktif.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut berlangsung secara bertahap mulai dari tanggal 19 hingga 21 agustus 2017. Sosialisasi tersebut dilakukan di dua dusun yang ada diDesa Branang yaitu Kerajan Barat dan Kerajan Timur. Pelatihan ini untuk menarik minat ibu-ibu, sehingga tidak heran pesertanya di dominasi kaum perempuan.

“Ilmu yang di berikan oleh mahasiswa/i  sangat bermanfaat. Dari sini kita para ibu rumah tangga jadi tahu,bagaimana mengelola susu dan bisa menjadi karya baru untuk di praktikkan di rumah,“ ungkap ibu PKK Desa Branang”.

“dengan di dakan sosialisasi susu segar menjadi es krim di desa branang, harapnya dapat menanbah wawasan masyarakat dalam mengelola susu. Selain itu,juga di harapkan dapat menjadikan sumber prekomomian baru bagi masyarakat besa branang “ujar Hasyim”.

Peserta KKN UYP berharap,dengan adanya pelatihan tersebut dapat memberikan inovasi baru sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat desa.kedepan,para ibu rumah tangga tersebut dapat memanfaatkan susu segar. (uqi)

Leave a Reply