Tingkatkan Kreatifitas Warga Desa Kalipang, Mahasiswa KKN Kel 15 Gelar Pelatihan Menghias Hantaran

""

Portalarjuna.net-Dalam rangka melaksanakan salah satu program KKN, mahasiswa uyp menggelar kegiatan pelatihan untuk ibu-ibu serta anak-anak warga dusun Pengarengan, yang bertempat di rumah Bpk Mu’ashim yang menjabat sebagai ketua RT 6 dusun Pengarengan desa Kalipang, sabtu (26/08/2017).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan pada malam hari, mengingat pada pagi sampai sore hari warga masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Seperti yang telah disampaikan oleh Mochammad Rifa’i selaku devisi bidang sosial budaya. “kegiatan ini kami lakukan pada malam hari, karna pada waktu pagi mereka masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing, seperti memasak dan mengantarkan anaknya ke madrasah”, ujarnya.

Menurut Nofia selaku pemateri sebelum kegiatan dimulai dia menjelaskan bahwa diadakannya pelatihan menghias hantaran tersebut guna meningkatkan kreatifitas warga dan juga bisa untuk dijual (ekonomi kreatif)  yang hanya dengan bahan sederhana bisa menjadikan nilai jual yang tinggi. “ibu-ibu ini kita mengadakan pelatihan menghias hantaran yang biasanya dibuat pada waktu lamaran atau juga bisa dijual”, paparnya.

Menghias hantaran ini dibuat dari bahan-bahan sederhana, mulai dari sajadah, pita, koran bekas, peniti, dan tali kur.  Hasil penghiasan tersebut bisa digunakan untuk acara pernikahan, dan juga bisa untuk dijual yang harganya bisa mencapai sekitar Rp.100.000 sampai Rp.150.000 per buahnya.(dyt)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.