TWA Baung Segera Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro

""

Portalarjuna.net-(PURWODADI)Keindahan dan potensi air terjun di Taman Wisata Alam (TWA) Baung telah lama memikat banyak pengunjung untuk menikmati alam yang masih hijau, lestari dengan disertai pemandangan air terjun yang begitu mempesona.

Melengkapi potensi wisata yang telah ada, pihak TWA Baung bekerjasama dengan PT. Kanz Capital membangun Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) yang memanfaatkan aliran sungai Baung.

Pembangunan tersebut ditandai dengan acara ground breaking (peletakan batu pertama), kemarin (8/8) sore, di TWA Baung yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutana (LHK) Ir. Wiratno, M.Sc.

Direktur Kanz Capital, M. Najib Hasan, mengatakan pihaknya memulai pembangunan ini karena telah telah mengantongi legal documents, seperti UKL-UPL, RPPEA, IUPEA. Jadwal pembangunan sendiri berkisar 18 bulan kedepan.

“Ijin Usaha Pemanfaatan Energi Air atau IUPEA telah kami kantongi sejak 2015 dengan area pemanfaatan PLTM sebesar 2.500 meter persegi,” katanya dalam sambutannya.

Najib menambahkan, PLTM yang dibangun di Baung akan memiliki potensi power  sebesar 2,3 MW atau jika dirata-rata pertahun akan menghasilkan sekitar 16,5 juta kWH. Selain untuk pasokan listrik, PLTM dapat difungsikan sebagai wisata edukasi, baik untuk pelajar maupun umum.

“Tentu masyarakat sekitar akan mendapatkan dampak sosialnya dari pembangunan PLTM ini. Seperti, penerangan jalan umum dan pengembangan potensi ekonomi kerakyatan sebagai pendamping wisata edukasi tersebut,” janjinya.

Sementara itu, Wiratno dalam sambutannya mengajak para undangan, terutama dari kalangan pemerintah daerah, Muspika dan pemuda desa untuk membantu sekaligus mengawasi pembangunan PLTM ini.

“PLTM ini merupakan energi bersih, sehingga pembangunannya juga harus memperioritaskan sisi lingkungan agar tetap terjaga. Baik dari sisi sosial-kemasyarakatan maupun kelestarian lingkungannya, terutama airnya,” pesannya.

Kades Kertosari, Waluyo Utomo yang turut hadir dalam acara peletakan batu pertama menyambut positif pembangunan PLTM Baung. Pihaknya optimis jika PLTM akan memberikan manfaat terutama untuk menambah destinasi wisata edukasi di Desa Wisata Kertosari yang bersebelahan dengan TWA Baung. (Adv)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.