Fluktuasi Harga Menyebabkan Petani Enggan Tanam Wortel Lagi

""

Portalarjuna.net- Potensi pertanian di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan memang cukup menjanjikan bagi kesejahteraan petani. Tanah yang subur serta iklim yang cocok membuat daerah ini menjadi surga Hortikultura di Jawa Timur. Hampir seluruh wilayah di Tutur dijadikan sebagai lahan pertanian Mulai dari jenis sayuran hingga buah-buahan.

Namun tidak semua petani mengalami kesejahteraan. Ada beberapa petani yang justru setiap masa penennya sering mengalami kerugian yang cukup banyak. Ini dikarenakan  harga sayuran dan buah-buahan yang sering mengalami Fluktasi menyebabkan para petani merugi besar.Sabtu (23/9/17)

Seperti petani yang lahan pertaniannya ditanami oleh jenis sayuran wortel sering mengalami kerugian yang besar setiap panennya yang tidak sebanding dengan modal penanamannya. Harga Fluktasilah yang menjadi faktor utama dalam kerugian tersebut.

Menurut Sadur (28) “Harga wortel biasanya selalu berubah-ubah setiap masa panennya. Terkadang jika harga wortel turun mencapai 3000 perkilonya. Jika naik bisa mencapai 6500 perkilonya. Kalau harga wortel naik bisa menutup modal penanaman. Justru jika harga wortel turun saya merugi besar.”

Menurut salah satu petani wortel yang lain mengatakan jika harga terus mengalami Fluktasi maka kemungkinan para petani wortel di Kecamatan Tutur enggan untuk menanam wortel lagi dan akan beralih menanam jenis sayuran yang lain seperti Kol, Sawi dan Kentang.(Ip)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.