Pagelaran Ludruk Dan Kuda Lumping Sebagai Penutupan HUT RI di Griya Permata Alam

""

Portalarjuna.net-Sabtu (02/09/17) Sebagai acara penutup HUT RI, ketua RT 06 RW 12, Griya Permata Alam, Ngijo KarangPloso Malang mengadakan pertunjukan berupa pagelaran Ludruk dan Kuda Lumping yang di datangkan langsung dari Kelompok Kuda Lumping Turonggo Mudo, Desa Sidorahayu kecamatan Wagir Malang.

Acara ini ramai didatangi oleh warga masyarakat, tidak hanya warga RT 06 itu sendiri, melainkan warga desa tetangga ikut antusias menonton acara tersebut. Selain acara pagelaran, di awal acara juga ada pembagian hadiah lomba 17-an yang dilakukan oleh ketua RT 06 yakni Bapak Wiyono. “Tujuan dari diadakannya lomba dan pagelaran ini adalah untuk memupuk rasa gotong royong dan kebersamaan antar warga” ujar bapak wiyono.

Sebelum dimulainya pertunjukan kuda kuping, beberapa anggota dari kelompok kuda lumping tersebut juga melakukan beberapa ritual yakni pengumpulan atribut kuda lumping yang mana nantinya akan diberi do’a-do’a dan setelah itu akan ada pembakaran kemenyan sebagai pelengkapnya, ritual ini dilakukan agar acara pagelaran tersebut berjalan dengan lancar.(cuz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.