Dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam Masyarakat Gunung Kawi Adakan Grebeg Suro

""

Portalarjuna.net-Wonosari (21/09/17) Untuk memperingati tahun baru islam, warga Desa Wonosari dan sekitarnya selalu memperingati dengan mengadakan Grebeg Suro, selain untuk memperingati tahun baru islam, masyarakat juga memperingati datangnya Bulan Asy Syura, yang mana dalam kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pagi hari hingga sore harinya. Acara Grebeg Suro ini juga termasuk agenda rutin tahunan yang pasti dilaksanakan. Bertempat di pesarean Gunung kawi Kab. Malang (21/09), alasannya berlokasi di kawasan pesarean adalah karena lokasi di kawasan pesarean sangatlajh strategis dan warga pun dapat dengan mudah menjangkau tempat tersebut.

Adapula acara yang diselenggarakan dalam kegiatan ini yakni, bersih desa, pawai/karnaval ogoh-ogoh yang mana dalam pawai ini wajib diikuti oleh warga per RT. “setiap kepala keluarga yang tidak mengikuti pawai ini akan dikenai denda 50rb per kepala keluarga”. ujar Tarmaji, salah satu warga Desa Wonosari.

Setelah acara itu, juga ada acara pembakaran ogoh-ogoh yang mana dalam kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan perangkat desa lainnya. Diadakannya pembakaran ogoh-ogoh adalah untuk menghindarkan para warga dari gangguan setan-setan yang, selain itu supaya selama satu tahun kedepan para warga di jadikan orang yang lebih baik dari tahun sebelumnya dengan diadakan pembakaran ogoh-ogoh dan bersih desa, kepercayaan ini adalah kepercayaan dari para leluhur Gunung Kawi. Selain itu juga ada lomba tari tradisional dan lomba olahan serba ketela yang diikuti dari berbagai daerah, tak hanya daerah gunung kawi saja. Acara ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung, tak hanya turis lokal saja yang datang berkunjung, tetapi turis mancanegarapun tak mau kalah untuk menyaksikan acara ini.(chus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.