Yudharta, Kampus Multikultural Sebagai Wadah Para Calon Masyarakat Nasionalis

""

Portalarjuna.net– Mahasiswa adalah kalangan remaja yang telah mencapai tingkat tertinggi dalam skala pendidikan, dalam fase ini remaja dituntut agar berfikiran luwes dan luas dalam menanggapi setiap masalah yang ada.

Berbeda ketika berada dibangku sekolah menenga pertama atau kejurusan yang hanya ada ekstra kurikuler mengenai pengembangan karakter, ketika kita berada pada posisi mahasiswa kita disuguhkan berbagai ekstrakurikuler yang berhubungan dengan dunia luar entah itu mengenai kerja sama atau kegiatan sosial.

Ada organisasi yang bersifat omek (organisasi mahasiswa ekstra kampus) yang bersifat diluar kegiatan kampus dan juga himpunan yang merupakan organisasi dari satu jurusan dalam kampus.

salah satu kampus yang saat ini mulai dipandang oleh masyarakat luas adalah Universitas Yudharta Pasuruan, yang berada di dearah Purwosari, Pasuruan. Berbeda dengan kampus kebanyakan yang ada, di kampus ini memiliki visi yaitu the multicultural university dimana kampus ini merangkul semua golongan dan agama tampa membeda-bedakan.

Kampus yang juga menjadi satu dengan yayasan pondok pesantren ini menanamkan kepada setiap mahasiswanya untuk menjadi pribadi yang pluralis serta nasionalis, untuk menunjang hal tersebut banyak ekstra yang disuguhkan diantaranya ada GMNI, PMII dan MATAN.

Selain itu untuk organisasi yang bersifat himpunan mahasiswa dilatih agar dapat menjalin hubungan dengan pihak luar, selain itu adanya juga MPM dan BEM yang merupakan pusat dimana semua organisasi.

Tugas dari BEM (badan eksekutif mahasiswa) yaitu untuk mengelola semua organisasi kampus yang bersifat eksternal dan internal agar mampu bersaing dengan kampus-kampus lain serta ikut andil dalam setiap kegiatan kampus.

Sedangkan MPM (majelis permusyawaratan mahasiswa) merupakan badan yang bertugas untuk mendampingi serta membimbing setiap kegiatan mahasiswa.(A_R)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.