Karnaval Bersih Desa Pedukuan Sumbersuko-Beji

""

Karnaval Bersih Desa Pedukuan Sumbersuko-Beji

Portalarjuna.net– Karnaval adalah sebuah perayaan dengan tujuan meramaikan Pedukuan dan dengan maksud agar pedukuan selalu dilindungi oleh ALLAH SWT. Baik dari bencana maupun hal lain yang tidak diingankan oleh masyarakat setempat.

Seperti hal nya yang dilakukan oleh masyarakat Pedukuan Sumbersuko-Beji, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Karnaval digelar untuk memperingati hari Bersih Desa pada Pedukuan setempat. Masyarakat berbondong-bondong untuk ikut serta meramaikan acara tersebut. Acara digelar di sepanjang jalan patung pahlawan, Sumbersuko-Beji.

“Karnaval memang selalu dilakukan setiap peringatan hari Bersih Desa. Dengan tujuan agar Desa dan warga selalu mendapat perlindungan, ketentraman, kekompakan, serta rezeki dari Allah swt. Karnaval digelar di sepanjang jalan, start Beji kidul sampai finish Beji patung pahlawan, dengan arak-arakan berbagai model dan kreatifitas masyarakat Se- pedukuan Sumbersuko. Salah satunya karnaval “thank perang” karya Dusun Beji Kidul, sakai, kerapan sapi, misteri pohon kajar, tuyul bakyul, manten, dayak, gaun kresek, bajul putih, raja wali, pocong bikes, halloween, dll” Kata Bapak Yono, peserta karnaval.

“Kesepakatan karnaval yang dilakukan oleh Pedukuan Sumbersuko-Beji yaitu peserta karnaval harus dari Pedukuan sendiri, setiap warga diwajibkan ikut serta meramaikan. Jika ada salah satu keluarga yang tidak ikut serta meramaikan acara tersebut. Satu orang didenda 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) satu orang baik kecil, dewasa, maupun tua. Dengan tujuan agar warga Pedukuan terlihat kompak dan adil. Meskipun dengan alat seadanya yang penting ikut serta merayakan Pedukuan” Kata Bapak Dasemi, selaku warga setempat.

Karnaval diadakan setiap satu tahun sekali. Untuk memperingati bersih desa. Diharapkan desa di jauhkan dari balak dan musibah. Dan diberikan kekompak antar warganya. Tidak ada kerusuhan, saling membantu dan harus saling mengayomi, berbeda tapi bersaudara. (Ninis)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.