Peringati Bulan Suro, Adakan Pertunjukan Wayang Kulit

""

Portalarjuna.net – Pertunjukan seni tradisional wayang kulit terlihat di Dusun Kulon Embong Desa Suwayuwo, Sukorejo pada hari Sabtu Malam (07/10/2017). Pertunjukan tersebut diselenggarakan setiap tahunnya sebagai wujud peringatan terhadap datangnya bulan Suro.

“Sejak dulu setiap tahunnya di bulan Suro, di desa ini memang secara rutin diadakan pertunjukan wayang kuit semacam ini.” Tutur Kusen, salah satu warga desa setempat.

Namun pada acara yang tiap tahunnya tidak begitu ramai akan pengunjung ini nampak begitu meriah pada kesempatan kali ini. Hal tersebut dikarenakan selain pertunjukan wayang kulit, diadakan pula peresmian “Padepokan Agung Suwayuwo” Kawruh Batin Tulis Tanpa Papan Kasunyatan (KBTTPK) Cabang Pasuruan II yang diresmikan secara langsung oleh Bapak Bupati Pasuruan, Bapak H. M. Irsyad Yusuf, S.E., MMA.

“Tak seperti biasa, acara kali ini ramai sekali akan pengunjung yang hadir.”imbuh Kusen. Acara yang berlangsung mulai pukul 7 malam ini memang dibanjiri tamu maupun undangan dari berbagai wilayah di Pasuruan. Imbasnya banyak pula warga desa setempat baik tua maupun muda bahkan anak-anak yang tertarik untuk melihat terselenggaranya acara tersebut. Sampai selesainya pertunjukan wayang kulit pada Minggu dini hari, keseluruhan rangkaian acara berjalan dengan lancar dan tertib.

Selain sebagai bentuk peringatan tiap datangnya bulan Suro, pertunjukan wayang kulit semacam ini memang sangat penting untuk diadakan sebagai wujud pelestarian kesenian tradisional yang semakin hari semakin tergerus oleh perkembangan zaman di era modern ini. (Roby H)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.