Seminar Nasional Kembali di Gelar oleh Hima Prodi IAT Universitas Yudharta Pasuruan

""

Portalarjuna.net-Hima Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Universitas Yudharta Pasuruan kembali mengadakan Seminar Nasional dengan tema Tren Politisasi Ayat-ayat al-Qur’an dan Masa Depan Perpolitikan di Indonesia, Minggu (08/10/17) di gedung Aula Pancasila UYP. Dengan di narasumberi oleh Dr. Abad Badru Zaman Lc, M.Ag yang merupakan alumni dari Universitas Al-Azhar Mesir dan Dr. Hj. Rossa Ilma Silfiah, S.H, M.Hum yang merupakan salah satu dosen Fisip Universitas Yudharta Pasuruan.

Panitia mengusung tema ini karena melihat kasus perpolitikan di Indonesia yang sedang marak dengan melibatkan ayat-ayat al-Qur’an untuk kepentingan politik, karena kurangnya respon dari para intelektualis khususnya di bidang IAT dan akademis agama mengenai hal tersebut. “seminar ini sengaja di buat sebagai respons dari gejolak-gejolak yang ada di TV seperti kasusnya Ahok mengenai surah Al-Maidah ayat 51“ujar Lia salah satu panitia.

Seminar kali ini di peruntukkan untuk umum, tidak hanya mahasiswa UYP saja, namun juga di ikuti oleh mahasiswa dari kampus lain seperti mahasiswa STIKIP, Tulungagung dll. Dan seminar ini juga di peruntukkan bagi siswa-siswi tingkat SLTA, karena di rasa mereka juga perlu tahu bagaimana kondisi politik di Indonesia sekarang ini.

Seminar Nasional ini merupakan seminar ke dua yang di gelar oleh Hima Prodi IAT. Menurut Amaliyah selaku Panitia seminar, peserta seminar kali ini tidak sebanyak peserta seminar pertama kemarin, seminar  ke dua ini hanya di hadiri oleh sekitar 200 peserta, sedangkan peserta seminar pertama kemarin di ikuti hingga 350 peserta. “seminar kali ini memang tidak se goals seminar yang kemarin, karena memang tema pada seminar kemarin lebih umum dan cocok untuk segala lapisan, sedangkan tema untuk seminar kali ini lebih khusus dan menurut kami itu hanya menjadi santapan manis bagi para organisator” ujarnya.(anz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.