Peduli Industri Kecil Menengah, Dinas Perindustrian Kota Malang Adakan Acara Pembinaan dan Pelatihan Ketrampilan Kerja Sektor Industri

""

Portalarjuna.net-Untuk mengembangkan usaha di kota Malang, khususnya industri kecil menengah, di lakukan peningkatkan keahlian untuk para pelaku industri kecil menengah (IKM) dan wirausaha-wirausaha baru. Yang berfokus pada industri kreatif atau kerajinan, khususnya kerajinan dari limbah kayu pinus yang diselenggarakan dinas perindustrian kota Malang.  Acara ini di selenggarakan selama enam hari berturut-turut mulai tanggal 30 Oktober sampai 5 November, dengan peserta sebanyak 50 orang yang di pilih dari IKM untuk mengikuti acara “pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di sektor industri hasil pertanian dan kehutanan tahun 2017”. Dan di laksanakan pada 30 Oktober sampai 5 November 2017 pada pukul 08.00 sampai siang, bertempat di Hotel Syahid Montana 1 jl. Kahuripan no.8 Malang.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan kerja ini di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai lagu wajib kebangsaan Indonesia. Dan di ikuti oleh seluruh peserta maupun tamu undangan yang hadir pada kegiatan pembinaan dan pelatihan ini.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Drs. PRAYITNO. M.AP, selaku ketua panitia pelaksana kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di sektor industri hasil pertanian dan kehutanan tahun 2017. Dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan kegiatan, yakni tentang dasar hukum pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja kali ini. Beliau juga menyampaikan tentang kegiatan kerajinan yang berjudul pembuatan kerajinan kayu berbahan dasar limbah kayu palet atau pinus, yang bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha di bidang industri kayu.

Dengan perindustrian agrokimia makanan dan minuman kota Malang sebagai panitia pelaksana kegiatan. Dan peserta sebanyak 50 orang dari pengrajin kayu kota Malang, serta narasumber dari dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu juga PT.Propan, di instrukturi oleh pengrajin gs4.

Di lanjutkan sambutan yang kedua dari Drs.Subkhan selaku kepala dinas perindustrian kota Malang. Beliau menyampaikan bahwa industri kecil menengah (IKM) merupakan salah satu kekuatan daerah, dengan 2000 sekian IKM yang di ketahui dan banyak lagi IKM yang belum di ketahui karena belum formal atau belum berizin. Maka dari itu, kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di sektor industri hasil pertanian dan kehutanan tahun 2017 ini di adakan. Beliau juga mengenalkan beberapa narasumber yang merupakan ahli di bidangnya, sehingga di harapkan kegiatan ini dapat berdampak positif dan tidak sia-sia. Dan beliau berharap para dinas perindustrian dapat terus memonitor setelah kegiatan pembinaan dan pelatihan kerja ini selesai.

Dengan pemateri oleh Iwan Setiawan dari dinas penanaman modal. Beliau menyampaikan tentang ijin usaha industri atau IUI dalam membangun sebuah usaha terutama ikm, di perlukan iui ini. Beliau menjelaskan manfaat dari IKM yang sudah memiliki ijin, salah satu manfaatnya yakni permodalan atau peminjaman modal untuk memulai sebuah usaha atau mengembangkan sebuah usaha. Yang memiliki syarat utama harus sudah berizin, sehingga di saat-saat usaha mengalami masa krisis dan memerlukan modal, pengusaha dapat meminjam modal jika memiliki IUI ini. selanjutnya adalah pembinaan, pemerintah dapat membina dan melatih serta memfasilitasi sebuah usaha terutama ikm, jika mereka memiliki IUI. Sehingga peran dan manfaat izin usaha industri ini begitu penting bagi para pelaku usaha industri.

Beliau juga menyampaikan prosedur pengurusan perizinan ini. Yakni jika usaha yang bermodal di bawah 200, tidak perlu susah payah untuk ke kantor dinas tetapi bisa ke kecamatan atau bisa melalui mobil keliling dari dinas yang biasa berada di kecamatan.(maulid)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.