Peringati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257 Meriahkan dengan Lomba Menggambar dan Vocal Group dalam Malang Beach Festival

""

Portalarjuna.net-Untuk memperingati hari jadi Kabupaten Malang yang ke 1257, Kabupaten Malang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk menggelar kegiatan lomba menggambar dan vocal group dalam acara Malang Beach Festival 2017. Kegiatan ini bertempat di Pantai Balekambang Malang pada 11 November 2017. Dengan peserta sebanyak 1.456 anak dari berbagai lembaga pendidikan tingkat sd dan smp untuk peserta lomba menggambar yang di adakan serentak di pantai balekambang. Dan kurang lebih 500 lembaga pendidikan tingkat smp dan mts di 7 kawedanan kabupaten malang yang sudah melewati babak penyisihan dan babak semifinal hingga menyisakan 6 terbaik untuk babak grand final vocal group di pantai balekambang. Kegiatan ini juga di hadiri oleh bapak Bupati Malang yakni Drs. H. Rendra Kresna, BcKU., S.H., M.M., MPM.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang SMP Dra. PUJI HARIWATI , M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada kepala dinas pendidikan dan seluruh hadirin yang datang. Beliau juga menyampaikan latar belakang di adakannya lomba menggambar dan vocal group yang bertemakan indahnya pantai Selatan. Yakni karena Kabupaten Malang memiliki pantai yang panjang kurang lebih 95 km, mulai dari Kecamatan Donomulyo hingga ke arah timur sampai dengan Kecamatan Ampel Gading. Dan memiliki lebih dari 20 lokasi pantai wisata yang belum maksimalnya peningkatan kunjungan wisatawan, maka di adakannya lomba menggambar dan vocal group dalam acara Malang Beach Festival. Yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalis dan cinta tanah air, sebagai edukasi siswa tentang pantai dan pelestariannya, meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di pantai Kabupaten Malang, menyambut era pasar bebas masyarakat ekonomi Asia, menjadi wadah kreativitas remaja serta ajang silatUrrahmi bagi para siswa siswi di kabupaten malang. Selanjutnya beliau juga menyampaikan laporan terkait kegiatan lomba dan jumlah peserta yang mengikuti lomba.

Di lanjutkan dengan laporan dari ketua pelaksana acara Lomba Menggambar Dan Vocal Group dalam rangka hari jadi Kabupaten Malang ke 1257, yang di harapkan dapat menjadi daya saing pariwisata kabupaten malang. Beliau menyampaikan rangkaian kegiatan Kabupaten Malang mulai dari pesona dewi Gunung Kawi, dan Malang Beach Festival yang di gelar mulai 11 November 2017 hingga Desember 2017. Yang dalam acara MBF ini telah di persiapkan berbagai event dan atraksi yang akan menarik para wisatawan dan travel agen untuk datang ke pantai-pantai yang ada di Kabupaten Malang.

Bupati Malang Drs. H. Rendra Kresna juga turut menghadiri acara, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia dan penyelenggara acara. Beliau juga menyampaikan bahwa pada 2016 kemarin, kunjungan wisatawan mencapai 5juta 500ribu wisatawan. Maka dari itu pemerintah pusat sangat totalitas dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Malang. Dan selain banyaknya wisata pantai di kabupaten malang, juga terdapat wisata-wisata lain yang sangat indah di Kabupaten Malang, yakni wisata gunung, wisata kulinaer, dan lain sebagainya. Beliau berharap kedepannya kepariwisataan di kabupaten malang akan semakin maju.

Penilaian lomba menggambar di lakukan oleh para juri dengan melalui 3 babak, yang pertama yakni babak penyisihan yang di lakukan oleh 2 juri tiap 100 peserta. kemudian di ambil 33 peserta terbaik tingkat sd dan 30 peserta terbaik tingkat smp, dan terakhir babak grand final yang di lakukan oleh juri dari um dan dari praktisi seni yang di ambil 6 peserta terbaik dengan juara 1, juara 2,  juara 3,  harapan 1,  harapan 2 dan harapan 3.

Dalam Lomba vocal group, telah mengalami babak penyisihan dan semi final sebelumnya, dari sekitar 500 lembaga pendidikan tingkat smp dan mts dari 7 kawedanan di kabupaten malang. Hingga menyisakan 2 vocal group terbaik dari masing-masing 7 kawedanan. kemudian babak semi final yang memilih 6 vocal group terbaik,  hingga babak grand final yang dilaksanakan pada 11 november 2017 di pantai balekambang dalam kegiatan lomba menggambar dan vocal group di salah satu acara Malang Beach Festival 2017. Dengan 2 lagu yang di tampilkan yakni lagu indonesia jaya dan lagu daerah. Lagu daerah yang di tampilkan oleh masing-masing peserta merupakan lagu bebas yang di pilih sendiri oleh para peserta. Para juri langsung menilai dari penampilan yang di suguhkan oleh peserta dengan mencatat score atau nilai di kertas yang telah di sedikan oleh panitia.

Lomba menggambar dan vocal group di menangkan oleh 6 anak tingkat SD/MI dalam lomba menggambar yang di pilih untuk juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, harapan 2, harapan 3. Dan 6 anak tingkat SMP/MTS yang di pilih untuk juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, harapan 2, harapan 3. Untuk lomba vocal group juga dipilih untuk juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, harapan 2, harapan 3. Para pemenang lomba mendapatkan tropi dan piagam untuk masing-masing pemenang, juga hadiah tabungan siklus uang pembinaan dari bank jatim dengan 3juta rupiah untuk juara 1,  2,5 juta rupiah untuk juara 2,  2juta rupiah untuk juara 3, 1juta rupiah untuk juara harapan 1, 750 ribu rupiah untuk juara harapan 2, dan 500 ribu rupiah untuk juara harapan 3, baik untuk lomba menggambar tingkat SD/MI, tingkat SMP/MTS, dan juga lomba vocal group. Serta hadiah dari Telkom Indo berupa indi home free 1 tahun dan hadiah tambahan berupa goody bag dari susu hilo.

Dengan di selenggarakannya kegiatan lomba menggambar dan vocal group dalam acara Malang Beach Festival ini, di harapkan Kabupaten Malang semakin berkembang khususnya di bidang pendidikannya dan dapat melahirkan generasi yang membanggakan dan membawa nama baik Kabupaten Malang ke depannya.(lida)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.