Pengusaha Kapuk Randu Harap-Harap Cemas

""

Portalarjuna.net- Pengusaha kapuk randu di Wilayah Mojotengah Kabupaten Pasuruan kini mulai harap-harap cemas. Pasalnya penggunaan busa sebagai bahan isian kasur, bantal, maupun guling terus meningkat. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi menurunnya produksi kapuk randu (05/01/18).

Selain produksinya menurun, pemasarannya pun juga menjadi salah satu faktor utama dari usaha kapuk randu ini. Banyak para pengusaha kapuk randu yang mengeluhkan akan kondisi tersebut. Biasanya dalam pemasarannya, kapuk randu bisa dikirim ke berbagai kota seperti Surabaya, Malang, dan Sidoarjo. Namun, berbeda dengan sekarang yang hanya dikirm ke satu kota saja yaitu Sidoarjo.

“Biasanya saya mengirim kapuk randu ini ke tiga kota. Namun, untuk sekarang saya hanya mengirim ke satu kota yaitu ke Sidoarjo,” ujar Yasin (60)

Saat kasus bantal busa mulai memasyarakat, pengusaha kapuk seolah menjadi tersisihkan karena adanya pengusaha kasur busa yang semakin banyak. Hal ini dikeranakan banyaknya akan permintaan masyarakat yang lebih suka menggunakan kasur busa dari pada kasur kapuk.

“Banyak orang-orang yang sekarang lebih memilih untuk menggunakan kasur yang isiannya terbuat dari bahan busa karena perawatannya mudah dibandingkan kasur yang isiannya terbuat dari kapuk,”  bebernya.

Keberadaan pengusaha kapuk randu pun kini semakin sedikit. Kondisi ini jauh berbeda dengan beberapa belas tahun sebelumnya. Banyak dari pengusaha kapuk randu beralih menjadi pengusaha yang lain.

“Jika permintaan dari masyarakat menurun akan kasur kapuk randu, saya libur dulu tidak produksi lagi. Selama tidak produksi saya juga tidak memperoleh penghasilan dan kemungkinan saya akan banting setir saja,” ujar  Yasin.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pengusaha kapuk lainnya yang mengatakan jika produksi kapuk randu semakin menurun maka kemungkinan para pengusaha kapuk randu di Wilaya Mojotengah akan banting setir ke usaha yang lain.

“Ya kalau masyarakat tetep banyak yang menggunakan kasur busa. Saya sebagai pengusaha kapuk randu ya akan mengalami kerugian karena menurunnya permintaan dan  kemungkinan saya akan beralih ke usaha yang lain seperti usaha makanan dan usaha lainnya yang bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi,”  ungkap  Abidin (El).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.