Goa Jepang, Alternatif Wisata Perjuangan di Pasuruan

""

Portalarjuna.net– Gempol, Selasa(10/02/2018). Berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau membuat Goa Jepang menjadi alternatif wisata sejarah baru di Pasuruan. Goa Jepang terletak di kaki Gunung Perahu sisi barat, di Dusun Ngalawang, Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Goa Jepang merupakan situs peninggalan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Goa yang dibangun oleh pribumi dengan cara kerja paksa  atau romusha ini konon dipergunakan oleh tentara jepang sebagai tempat pertahanan, tempat tinggal, tempat penyimpanan logistik bahan makanan, tempat penyimpanan amunisi dan alat tempur, serta merupakan penjara atau tempat tahanan para pejuang kemerdekaan.

Bukan hanya satu goa saja yang bisa ditemui disini melainkan ada dua belas goa sekaligus. Goa-goa ini tidak terkait satu sama lain tetapi masih berada  dalam lokasi yang sama. Antara goa yang satu dengan goa yang lain memiliki jarak antara 30m-50m, dengan panjang yang berbeda-beda dan berbentuk lurus. Dari keseluruhan goa sejauh ini yang bisa dijangkau masih tujuh goa, sedangkan sisanya terkendala akses yang terjal hingga goa yang tertutup material tanah dan tanaman liar yang belum dibersihkan.

Selain didukung dengan udara sekitar lokasi yang segar, akses menuju lokasi tersebut sangat mudah  dicapai lantaran dekat dengan jalan raya. Ditambah lagi dengan adanya tanaman-tanaman hias dan bunga yang akan menyambut kita saat memasuki lokasi. Cukup hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,- pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam sekitar sekaligus wisata edukatif perjungan para pejuang dalam kemerdekaaan bangsa ini. (Mud)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.