Manfaat Sumber Mata Air Segaran

""

Portalarjuna.net-Prigen(02/01/18). Sumber air memang sangat di butuhkan bagi masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari khususnya masyarakat di pedesaan, seperti halnya sumber mata air Segaran yang ada di Dusun Kebonangung Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan ini mempunyai mata air yang sangat deras dan jernih dengan luas tanah sekitar 200 meter persegi.

Menurut Sulthoni salah satu warga Dusun Kebonagung aliran sumber mata air tidak pernah berubah meskipun pada saat pergantian musim “ Aliran sumber ini akan tetap seperti ini meskipun pada saat musim hujan maupun musim kemarau, dengan adanya sumber ini sangat membantu sekali bagi kebutuhan warga sehari-hari seperti mengairi sawah, mencuci, mandi dll. Tidak hanya bagi warga Dusun Kebonagung saja, namun banyak juga warga dari desa lain yang menggunakan sumber ini, secara tidak langsung kita merukunkan warga dari beberapa desa karena adanya sumber ini” ucapnya.

Warga juga tidak menolak apabila ada bantuan perbaikan untuk Sumber Segaran dari pemerintah, namun sangat di sayangkan bantuan tersebut hingga kini masih belum ada “ Aliran air di sumber segaran ini lumayan deras bahkan sampai di bagi ke 3 tempat sekaligus seperti di Dusun Wilo, Ganti dan di Desa Ketanireng. Warga tidak akan menolak apabila ada perbaikan dari pemerintah untuk sumber segaran ini, namun sayangnya untuk saat ini masih belum ada” ujar wasis salah satu warga Dusun Kebonagung.

Sangat pentingnya sumber mata air segaran untuk warga sekitar, diharapkan bantuan dari pemerintah untuk pembangunan sarana prasarana sebagai penunjang sumber mata air segaran. (Rh/lid)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.