Beginilah Alasan Warga Untuk Tidak Membuang Sampah Di Sungai

""

Portal Arjuna.net РPrigen, (09-02-2018). Sampah masih banyak terlihat di beberapa tempat selain tempat pembuangan sampah, seperti di sungai Dusun Pangga Lele Desa Gambiran Kecamatan Prigen ini terlihat sampah  berserakan dan tak beraturan, namun sampah tersebut ternyata bukanlah hasil dari pembuangan para warga desa.

Mia salah satu warga Dusun Pangga lele mengatakan bahwa warga sendiri jarang sekali ada yang membuang sampah di sungai, besar kemungkinan sampah-sampah tersebut terbawa arus sungai saat hujan,

“Warga disini jarang sekali ada yang membuang sampah di sungai hampir di setiap rumah sudah mempunyai pembuangan sampah sendiri dan biasanya mereka langsung membakar sampah-sampah tersebut, kemungkinan besar sampah yang berserakan di sungai terbawa arus saat hujan, karena akhir-akhir ini curah hujan yang tinggi menjadi salah satu pemicu meningkatnya volume air sungai” ujarnya.

Tak hanya itu menurutnya juga salah satu alasan warga tidak membuang sampah di sungai ialah karena sempat terdapat warga yang membuang ular di sungai itu hingga akhirnya warga tak berani untuk pergi ke sungai tersebut.

“salah satu alasan warga tidak membuang sampah di sungai juga karna jaraknya yang cukup jauh dari desa, yang kedua dulu pernah terdapat warga sini yang membuang ular yang cukup besar di sungai itu hingga akhirnya warga jarang sekali ada yang berani untuk ke sungai walaupun hanya untuk sekedar mencuci,”tambahnya.

Masih belum ada upaya untuk pembersihan sungai secara menyeluruh. namun, beberapa warga telah memiliki kesadaran tentang kebersihan sungai, sehingga beberapa warga membersihkan sungai tersebut secara bergantian. (Rh)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.