Wakil Rektor III UYP “Tidak Ada Sangkut Pautnya Otonomi Kampus dengan Otonomi Pondok Pesantren”

""

Portalarjuna.net – Purwosari(03/02/18). Dialog terbuka yang digelar padahal hari Jumat 02/02/18 di Hallmeet gedung rektorat Universitas Yudharta Pasuruan  lantai 3 kemarin tidak hanya memaparkan tentang SKPI saja, akan tetapi juga menyinggung mengenai perizinan mahasiswa yang berstatus santri .

Setelah memaparkan pernyataan sikap dari Badan Eksekutif Mahasiswa yang di bacakan oleh Presiden Mahasiswa M. Khoiron,  WR III Bpk. Khoirul Huda S.H,M.Hum menanggapi bahwa tidak ada sangkut pautnya otonomi kampus dan otonomi pondok pesantren.

” Sebenarnya jika perizinan yang di permasalahkan, itu sudah bukan kendali pihak kampus. Karena otonomi kampus tidak bersangkutan dengan otonomi pondok pesantren atau lebih jelasnya yang dimaksud yaitu kepala keamanan dan ketertiban pondok. Kita punya otonomi sendiri, dan mereka juga punya otonomi sendiri. Jadi, bukan jalur kita untuk berurusan dengan itu, kecuali dengan yayasan karena itu menduduki kekuasaan tertinggi di sini. “, Papar beliau.

Dalam paparan tersebut, dapat di artikan bahwa pihak kampus tidak tahu menahu ataupun tidak ikut campur masalah perizinan pondok yang berlangsung.

” Berarti selama ini, tidak pernah ada koordinasi antara pihak kampus tentang perizinan untuk mahasiswa yang berstatus sebagai santri.” Ucap Presiden Mahasiswa.

” Ya karena kita rasa itu sudah bukan kendali kampus untuk masalah perizinan. Seharusnya, kita juga dapat mengimbangi apa yang sudah di tetapkan oleh pihak keamanan dan ketertiban pondok. “, Jawab WR III.

Tetapi setelah diadakannya agenda tersebut WR III juga mengatakan, akan membantu untuk mencoba berbincang-bincang dan menyelesaikan dengan pihak terkait. Bahkan, pihak kampus menjanjikan akan ada keputusan atau pemberitahuan ulang mengenai masalah tersebut dalam jangka waktu  satu minggu ini.(lid)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.