Agrofest 2018, Suguhkan Inspirasi Kopi Ala Desa

""

Portalarjuna.net-Kalipucang (24/03/2018) Terdapat enam kelas inovasi dalam Agrofest 2018, salah satunya adalah Kelas Inspirasi Kopi yang terletak di Dusun Cikut Desa Kalipucang. Terdapat puluhan peserta yang memilih mengikuti kelas Inspirasi Kopi. Peserta yang tergabung dalam kelas ini berasal dari berbagai daerah, misal Madura, Lamongan, Banyuwangi, Blitar dan Wilayah Jawa Timur lainnya.
Sebagian besar peserta dalam kelas Inovasi Kopi ini adalah penikmat kopi. Turhan misalnya, peserta yang berasal dari Kabupaten Lamongan ini mengaku bahwa dirinya memilih kelas ini karena ingin mengerti kopi khas Desa Kalipucang, khususnya di Dusun Cikur.
Karnadi selaku pembicara banyak memberikan pengalamannya tentang berkebun kopi.

“Terdapat dua jenis kopi yang dibudidayakan disini yaitu, Arabica san Robusta. Namun 21 hektar lahan perkebunan kopi 95% ditanam kopi yang jenis Robusta dan sisanya kopi jenis Arabica,” tuturnya.
Salah satu alasan penanaman kopi robusta ialah terkait dengan permintaan dan minat konsumen.

“Selama ini banyak konsumen yang suka dengan kopi robusta daripada arabica. Selain itu, kopi robusta lebih nikmat daripada arabica,” ungkap Karnadi.
Produk kopi buatan Dusun Cikur ini diberi nama Coffe Kur. Untuk pengembangannya petani menggunakan 10% pupuk organik dan 90% pupuk kompos. Fokus budidaya tidak hanya pada penanaman dan saat dijual, tetapi petani juga berpusat pada kegiatan pasca panen atau pengelolaan biji kopi menjadi bubuk. Adapun pemasaran Coffe Kur ini telah merambah ke Sidoarjo, Jember, Bogor dan Jakarta Utara.
Diskusi kelas Inspirasi Kopi berlangsung cukup menarik. Peserta yang hadir dalam diskusi juga memberikan respon positif.

“Bagi pecinta kopi, mulai dari proses penanaman sampai penyajian. Berdusta bagi penikmat kopi kalau tidak mengerti proses pembuatan kopi,” ujar Turhan salah satu peserta.(dna)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.