Kaskara, Inovasi Terbaru Di Kampung Kopi Jatiarjo

""

Portalarjuna.net- Jatiarjo (28/03/18) kampung kopi jatiarjo merupakan wisata edukasi kopi yang ada di Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen. Dengan kondisi tanah yang ada dilereng gunung arjuno membuat tanah di Desa Jatiarjo ini sangat  mendukung untuk perkebunan kopi arabica maupun robusta.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi membuat petani di Desa Jatiarjo berinovasi membuat Kaskara. Kaskara ini merupakan kulit kopi yang diperlakukan seperti teh. Cara membuat kaskara ini sangat mudah yakni kopi petik merah dicuci terlebih dahulu kemudian dipisahkan dengan biji kopi tersebut setelah itu dijemur sampai kering dan kaskara siap disedu .

Kaskara ini mempunyai khasiat untuk diet, mengencangkan kulit, mencegah penyakit kangker serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat sekitar, dengan adanya inovasi ini membuat kopi jatiarjo ini semakin mempunyai banyak variasi dan membuat orang menjadi semakin tertarik untuk datanng ke Jatiarjo.

“Kami masih mau penelitian lagi untuk kaskara ini, hasil ini tidak langsung kami jual di pasaran. Kami masih belajar untuk kaskara ini jika nanti kami rasa sudah memenuhi standart kami akan jual ke luar daerah jatiarjo,” Ujar syamsuri selaku peneliti kaskara ini.

Imam menambahkan “ untuk pemasaran kopi ini sudah sampai Jakarta, kalau sudah memenuhi standart pasti bisa menyusul kopi arabica dan robusta ke Jakarta,” tambahnya saat meracik kopi  arabica.

Kegagalan saat berinovaasi tidak akan membuat kita rugi tetapi berinovasi akan membuat kita menjadi semaking kaya akan ilmu dan pengalaman yang tidak akan kita temukan di tempat lain.(Dna)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.