Pentingnya Pendidikan Menwa Bagi Mahasiswa

""

Portalarjuna.net- Purwosari, sabtu (03/02/18) Di zaman modern saat ini banyak kalangan mahasiswa belum menyadari akan pentingnya  dasar negara Indonesia. Sehingga mereka menganggap bahwa dasar negara kita hanya sebuah pajangan. Maka dari situlah Resimen Mahasiswa atau yang sering disebut Menwa hadir sebagai wadah mahasiswa untuk menyalurkan bakat minat dan memperjuangkan cita-cita negara kita ini.

Menwa sendiri adalah salah satu kekuatan sipil yang dibawahi langsung oleh TNI – POLRI dalam lingkup mahasiswa, untuk membantu kesadaran bela negara, membangun jiwa nasionalis dalam negara.

Menwa selalu mengedepankan kepentingan terhadap negara dan juga melindungi kepentingan Universitas. Pada tahun 2015  menwa hadir di Universitas Yudharta Pasuruan  dengan pendiri 5 orang, salah satu diantaranya adalah seorang perempuan.

Di dalam menwa kita diajarkan bagaimana kita disiplin terhadap hal apapun. Tidak hanya itu, menwa juga mengedepankan yang namanya sopan santun terhadap yang lebih tua.

Menjadi anggota dalam menwa tidak lah mudah kita harus mengalami beberapa hal yangberat. Seperti Pradik ( Pra Pendidikan ) dimana calon menwa dilatih layaknya seperti tantara. Mereka diajarkan bagaimana cara bertempur atau perang , bertahan dalam hutan dan bagaimana cara bertahan hidup dalam bertempur. Tidak hanya belajar tentang melakukan perang, mereka juga diajarkan untuk bersosialisasi sesama anggota .

Fungsi menwa ialah untuk pembinaan dalam akademik, membantu pertahanan TNI-POLRI dan sebagai cadangan bagi negara. Sedangkan tugasnya ialah mempersiap kanpotensi mahasiswa memantapkan jiwa nasionalisme dalam negara.

Widya Castrena Dharma yaitu keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan ilm keprajuritan. Dimana kita harus seimbang alam mengetahui hal mengenai kemiliteran dan pengetahuan umum yang lebih luas agar dapat berkesinambungan. Kita juga  harus memahami makna tridharma serta melaksannakannya. (Wir)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.