Tradisi Petik Laut, Event Tahunan Hari Jadi Kota Pasuruan

""

Portalarjuna.net- Pasuruan (18/03/18) Mulai  pagi hari  pelabuhan Ngemplakrejo Pasuruan ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai lapisan. Mereka berbondong-bondong  untuk ikut serta dalam proses  pelaksanaan tradisi petik laut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan  dari mereka ikut serta  naik ke kapal karna ingi melihat proses larung sesaji kepala sapi yang akan dihanyutkan ketengah laut.

“Acara petik laut ini dilakuakn selama dua hari dua malam yang disusun dengan beberapa acara hiburan, diantaranya lomba al-banjari se Pasuruan, jalan sehat, santunan anak yatim dan puncak acaranya Minggu pagi  tanggal 18 Maret yang dihadiri langsung  oleh bapak Wali Kota Pasuruan,” ujar bapak Gatot selaku panitia penyelenggara.

Sekitar 40 kapal yang mengiringi pelarungan sesaji tersebut untuk dibawa  ketengah laut, yang selanjutanya kepala sapi tersebut dihanyutkan langsung oleh bapak Setiyono, selaku Wali Kota Pasuruan dengan disaksikan oleh para warga yang mengiringinya, raut wajah merekapun tampak bahagia dan lega  setelah proses pelarungan selesai.

“Tradisi petik laut ini  diadakan tiap tahun sekali  tepatnya dibulan rojab  yang juga merupakan event hari jadi Kota Pasuruan  yang dilaksanakan oleh  para nelayan Ngeplakrejo sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa  atas hasil tangkapan laut yang melimpah yang telah menjadi sumber mata pencaharian mereka selama ini,” ucap bapak Samsul salah satu pemilik kapal.

Menurut panitia penyelenggara nama petik laut sendiri diambil dari kata “petik” yang artinya panen, karena nelayan memanen ikan dilaut maka disebut dengan” Petik Laut”. Tradisi seperti ini  merupakan peninggalan nenek moyang yang harus kita lestarikan  pungkasnya. (Dew)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.